[ X ] CLOSE

Catet Lur! Jam Pelayanan Tes Antigen Stasiun Poncol Berubah

Jam pelayanan tes antigen bagi calon penumpang kereta api di Stasiun Poncol Semarang mengalami perubahan.
Catet Lur! Jam Pelayanan Tes Antigen Stasiun Poncol Berubah
SOLOPOS.COM - Sejumlah penumpang tengah menjalani pemeriksaan rapid test antigen di Stasiun Poncol, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (26/12/2020). (Semarangpos.com/Humas PT KAI Daops IV Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) IV Semarang mengubah jam pelayanan rapid test antigen di Stasiun Poncol, Kota Semarang. Jam pelayanan yang semula digelar pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB, mulai Senin (18/10/2021) diubah menjadi pukul 09.00-22.00 WIB.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan perubahan jam pelayanan rapid test antigen di Stasiun Poncol itu dilakukan menyusul sudah semakin banyaknya kereta api yang beroperasi, terutama kereta penumpang jarak jauh.

“Dengan sudah beroperasinya kereta penumpang jarak jauh di wilayah PT KAI Daops IV Semarang yang semakin banyak, maka kami mengubah jam pelayanan tes antigen di Stasiun Poncol. Sedangkan untuk empat stasiun lainnya tetap sama, yakni Stasiun Tawang, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Cepu,” ujar Krisbiyantoro dalam keterangan resminya.

Baca juga: 194 Calon Penumpang Ditolak Naik Kereta Api dari Semarang

Pria yang kerap disapa Kris itu mengatakan untuk Stasiun Tawang, pelayanan rapid test antigen bagi calon penumpang dilayani mulai pukul 07.00-21.30 WIB. Kemudian di Stasiun Tegal dimulai pukul 09.00-21.00 WIB, Stasiun Pekalongan mulai pukul 09.00-20.00 WIB, dan Stasiun Cepu mulai pukul 08.00-20.00 WIB.
Kris mengatakan hasil rapid test atau PCR yang menunjukkan negatif, merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi calon penumpang yang akan bepergian menggunakan kereta jarak jauh.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Perhubungan No. 73/2021. Masa berlaku hasil rapid test antigen adalah 1×24 jam, sedangkan hasil tes PCR berlaku 2×24 jam.

“PT KAI tidak mengharuskan pelanggan atau calon penumpang melakukan rapid test antigen di stasiun. Tes bisa dilakukan di berbagai tempat yang menyediakan jasa pemeriksaan Covid-19,” ujar Kris.

Baca juga: Asyik! KA Blora Jaya Relasi Cepu Semarang Kembali Aktif

Bagi pelanggan yang ingin melakukan rapid test antigen di stasiun akan dilayani dengan menunjukkan kode booking tiket kereta. Penumpang yang ingin melakukan rapid test antigen di stasiun dikenakan biaya Rp45.000.

Kris menambahkan sejak 1-17 Oktober 2021, sudah ada sekitar 10.464 penumpang yang menjalani tes rapid antigen di Stasiun Tawang. Sedangkan di Stasiun Poncol, sekitar 5.491 orang.

“Dari ribuan penumpang itu, selama ini hasilnya tidak ditemukan yang positif Covid-19,” ungkapnya.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago