SOLOPOS.COM - Tongsis atau tongkat narsis (Sumber: nyata.co.id)

Catatan 2014 ini diwarnai dengan tren penggunaan tongsis atau tongkat narsis. Ternyata penggunaan tongsis dipopulerkan oleh orang Indonesia.

Solopos.com, SOLO— Anda termasuk orang yang gemar berselfie ria? Kalau iya, berarti Anda sangat familiar dengan tongsis atau tongkat narsis bukan? Ya, tongsis atau tongkat narsis merupakan alat yang difungsikan untuk melakukan foto selfie dari jarak jauh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tongsis, berbentuk tongkat yang bisa dipanjangkan dan pada bagian ujung atau atasnya ada tempat yang digunakan untuk menaruh handphone.

Dikutip dari situs Anekaistilah Jumat (26/12/2014), Babab Dito Respati, merupakan pencetus istilah tongsis.

Hal itu berawal saat Dito memberi nama sebuah alat dengan sebutan tongkat ajaib, tetapi berubah jadi tongsis. Namun, istilah tongsis ini terinspirasi dari nama suatu kelompok Front Pembela Narsis.

Tongsis atau tongkat narsis, dibuat untuk bisa cocok dengan smartphone Anda. Karena tongsis bisa digunakan memanjang, alat bisa membantu orang-orang untuk melakukan self portrait atau memotret dari high angle dengan gadget kesayangan Anda.

Sebagaimana dilansir dari Liputan6.com Jumat (26/12/2014), ternyata ketertarikan orang pada tongsis ternyata bukan berawal dari luar negeri.

Tren tongsis dimulai dari Kota Jakarta, Indonesia pada akhir tahun 2013. Jumlah penelusuran kata selfie stick yang didapat berdasarkan data dari Google Trends, di Indonesia tujuh kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan Amerika Serikat.

Fenomena tongsis di Indonesia lalu menyebar cepat menyebar ke Malaysia pada bulan Januari-Maret 2014, dengan angka penelusuran mencapai dua kali lipat lebih banyak dari Indonesia.

Perkembangan tongsis terus berlanjut, pada bulan Maret-Juni 2014, angka penelusuran tongsis di Filipina mampu mengungguli Malaysia.

Fakta mengejutkan ini menunjukkan, Indonesia dan beberapa negara di Asia lain, bisa menjadi penentu perkembangan atau tren teknologi.

Pada Agustus 2014, tren penelusuran selfie stick di Google, mulai menyentuh negara Korea Selatan, Jepang, Uni Emirat Arab, dan Inggris.

Secara tiba-tiba pada bulan Oktober 2014, Jepang dan Korea mulai mendominasi pencarian selfie stick, dan peningkatan drastis terjadi di Korea.

Tren selfie yang semakin mendunia bisa membuat tongsis masuk dalam salah satu penemuan inovasi terbaik 2014.

Secara luar biasa, tongsis berhasil masuk dalam daftar The 25 Best Inventions of  2014 yang dirilis oleh majalah Time beberapa waktu lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya