Catat, Vaksinasi Untuk Anak Di Kulonprogo, Agustus Mendatang

Agustus nanti akan lakukan vaksinasi anak di Kulonprogor secara bertahap, setelah keran vaksinasi kepada anak sudah dibuka oleh Kemenkes.
Catat, Vaksinasi Untuk Anak Di Kulonprogo, Agustus Mendatang

Solopos.com, KULONPROGO — Vaksinasi Covid-19 untuk anak di kabupaten Kulonprogo rencananya dilaksanakan pada Agustus 2021 secara bertahap. Merek vaksin yang akan digunakan sendiri nantinya adalah Sinovac.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo Sri Budi Utami mengatakan upaya ini seiring dengan dibukanya keran vaksinasi kepada anak oleh Kementerian Kesehatan.

“Kita akan lakukan secara bertahap ya (vaksinasi Covid-19 kepada anak). Dikarenakan keran vaksinasi kepada anak oleh Kemenkes sudah dibuka. Agustus nanti akan kita mulai secara bertahap,” kata Sri Budi pada Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Kota Jogja Targetkan Vaksinasi 40.000 Anak Usia 12-18 Tahun

Upaya vaksinasi Covid-19 kepada anak memang belum menjadi prioritas utama bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo. Lansia masih menjadi prioritas utama upaya vaksinasi Covid-19 di kabupaten Kulonprogo.

“Lansia itu kan yang memerlukan perawatan lebih ya. Kalau anak kan sesungguhnya bukan prioritas utama. Anak itu kan daya tahannya lebih kuat. Sementara ini, anak juga belum keluar ya karena masih daring,” kata Sri Budi.

Selain anak, upaya vaksinasi kepada lansia menjadi prioritas utama vaksinasi Covid-19 oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo. Kemudian petugas pelayanan publik dan penyandang disabilitas juga tak luput dari sasaran.

Baca juga: Dihajar Mobil, Pengendara Motor di Kulonprogo Cedera Kepala

Vaksinasi Anak di Kulonprogo

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan jajarannya mengikuti kuota vaksin Covid-19 yang diberikan oleh kementerian kesehatan terkait dengan upaya vaksinasi terhadap anak.

“Kami akan mengikuti kuota vaksin yang diberikan oleh Kemenkes,” kata Baning.

Baca juga: Asyiknya, Puskesmas Pleret Bantul Gelar Vaksinasi di Objek Wisata Puncak

Sebelumnya diberitakan, BPOM memastikan jika terdapat lima vaksin yang sudah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA).

Adapun lima vaksin tersebut di antaranya Vaksin Sinovac CoronaVac, Vaksin Covid-19 PT Bio Farma, Vaksin Covid-19 Astra Zeneca, Vaksin Sinopharm, dan Vaksin Moderna. Dari kelima vaksin tersebut, hanya satu merek vaksin yang mendapatkan izin darurat untuk anak-anak yakni Sinovac.

 

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago