Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Catat Nih! Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Murah di Dekat Stasiun Wonogiri

Rekomendasi lima destinasi wisata murah dekat Stasiun Wonogiri berdasarkan penelusuran Solopos.com.
SHARE
Catat Nih! Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Murah di Dekat Stasiun Wonogiri
SOLOPOS.COM - Stasiun KA Wonogiri di Kelurahan Giripurwo, Wonogiri, Senin (24/2/2020). (Solopos/M. Aris Munandar).

Solopos.com, WONOGIRI ­–  Destinasi wisata murah di dekat Stasiun Wonogiri Kabupaten Wonogiri cukup banyak dan menarik.

Warga Solo dan sekitarnya yang ingin perjalanan wisata akhir pekan murah bisa memilih Kereta Api Batara Kresna kemudian mulai menelusuri destinasi wisata murah di dekat Stasiun Wonogiri.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

Berikut rekomendasi wisata murah di dekat Stasiun Wonogiri berdasarkan penelusuran Solopos.com, Senin (25/7/2022).

1. Alun-alun Giri Krida Bakti

Ketika baru saja sampai di Stasiun Wonogiri, destinasi terdekat pertama yaitu Alun-alun Giri Krida Bakti.

Baca juga: Sejarah KA di Wonogiri, Diawali Ada Potensi Tambang Gamping

Tempat ini merupakan ruang terbuka yang terletak di tengah kota dan tempat nongkrong lokal yang digunakan untuk acara, dengan area duduk teduh melingkar.

Berlokasi di Jalan KH Ahmad Dahlan, Sanggrahan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, 57612.

Buka setiap hari selama 24 jam, jadi bisa datang kapan pun. Tempat ini cukup nyaman untuk tempat berkumpul dan menikmati jajanan dengan lesehan.

Terdapat banyak penjual kaki lima seperti sosis bakso bakar, cilok, leker, es teh, es jeruk, kopi, pop ice, sempol, dan lain-lain.

Tempat ini strategis dan memiliki fasilitas seperti kamar mandi dan masjid di area alun-alun. Tempat ini juga merupakan salah satu yang menjadi ikon kota Wonogiri.

Baca juga: 5 Objek Wisata di Dekat Stasiun Wonogiri

2. Wisata Hutan Kota Kaki Gandul

Destinasi wisata murah di dekat Stasiun Wonogiri lainnya yakni Wisata Hutan Kota Kaki Gandul. Lokasinya di Jalan Gn. Giri, Wonokarto Selatan, Giripurwo, Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, 57612.

Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Lokasi yang strategis di pusat kota menjadi pilihan untuk berkunjung ke wisata ini.

Cocok untuk berfoto dengan bertemakan kayu dan tempat ini biasanya dijadikan tempat outbond untuk siswa SD dan TPA.

Tempat ini merupakan hutan dengan berbagai macam pohon yang berada di jantung Kota Wonogiri. Nama Kaki Gandul ini digunakan karena taman yang berkonsep hutan ini berada di kaki Gunung Gandul yang menjadi ikon dari Wonogiri.

Baca juga: Rute Stasiun Wonogiri ke Waduk Gajah Mungkur, Ada yang Tahu?

3. Pasar Ngadirojo

Destinasi wisata dekat Stasiun Wonogiri lainnya yakni Pasar Ngadirojo. Lokasinya berada di Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo, Kenteng, Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, 57681.

Buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 16.00 WIB. Menurut penilaian local guide pada Google Maps, Pasar Ngadirojo ini cukup bersih dan rapi, serta memiliki tukang parkir yang ramah.

Selanjutnya, jika berkunjung ke pasar ini tidak lupa untuk membeli jajanan cenil yang menurutnya enak serta soto, mie ayam bakso di pasar ini.

Selain itu, kuliner yang dapat dinikmati jika berkunjung di Pasar Ngadirojo ini yang biasa disinggahi yaitu keripik tempe, keripik benguk, brem, kacang mete, Bakso Boom, bubur, dodol, dan sebagainya.

Baca juga: Ternyata Ini Letak Titik 0 KM Wonogiri, Bukan di Alun-alun!

Pasar ini juga disebut pusatnya kacang mete, dijual cukup terjangkau dengan tersedia kacang mete mentah maupun sudah matang. Kacang mete dijadikan oleh-oleh jika sudah mengunjungi pasar tradisional ini.

4. Sate Kambing Pak Gino

Destinasi wisata murah di dekat Stasiun Wonogiri lainnya yakni sate kambing Pak Gino. Lokasinya di Jalan Solo-Wonogiri Nomor 1, Singodutan, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah 57652. Buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Sate ini menjadi terkenal di Wonogiri karena menjadi sate legendaris, mendapat rating 4,4 dari 1.566 ulasan di Google.

Salah satu local guide bernama Nuraeni Utami ketika berunjung di Sate Kambing Pak Gino ini menyebutkan satenya memiliki tusuk sate dengan kategori ukuran jumbo, rasanya yang mantap dan keempukan daging sate yang standar.

Baca juga: Waduk Gajah Mungkur Tenggelamkan Rel Kereta Api Wonogiri-Baturetno

5. Bakso Titoti

Terakhir, destinasi wisata murah dekat Stasiun Wonogiri yakni warung Bakso Titoti.  Bakso ini dibuka pertama kali pada 1980-an.

Informasi tersebut berdasarkan artikel jurnal yang berjudul Analisis Sikap Konsumen dalam Mempengaruhi Perilaku Konsumen Pada Restoran Bakso Titoti di Wonogiri oleh M. Windyarsita, A. Suyatno, dan N. Sumaryano 2021,

Bakso Wonogiri memiliki ciri khas berkuah bening yang dibuat dari air rebusan tulang sapi. Tekstur bakso Wonogiri juga sangat lembut dan kenyal karena dibuat dari campuran daging sapi dan tepung yang digiling halus dengan takaran khusus.

Bakso Titoti ini sudah memiliki cabang sebanyak 18 cabang yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Baca juga: Railbus Batara Kresna Rute Solo-Wonogiri Disetop Per Juli 2020, Kenapa?

Bakso Titoti yang beralamat di Wonogiri yaitu di Jalan Sudirman, Sukorejo, Kelurahan Giritirto, Kecamatan Wonogiri dan juga ada di Jalan Raya Wonogiri-Ponorogo, Brubuh, Desa Ngadirojo Lor, Kecamatan Ngadirojo.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode