SOLOPOS.COM - Ilustrasi wanita haid. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Tidak sedikit orang tua bertanya-tanya kapan anak perempuan kali pertama mengalami menstruasi? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Haid pertama pada setiap perempuan umumnya berbeda-beda, ada yang lebih cepat tetapi ada juga yang lebih lambat dibandingkan dengan teman-teman seusia mereka. Tidak perlu risau.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada sejumlah faktor yang bisa memicu cepat atau lambatnya seseorang mendapatkan haid pertama mereka. Beberapa di antaranya adalah faktor genetik dan lingkungan. Maka, setiap orang dengan susunan gen dan lingkungan berbeda akan mendapat haid pertama di usia yang berbeda.

Mengutip laman hellosehat.com, Senin (19/9/2022), kapan anak perempuan akan mengalami menstruasi pertamanya yaitu di usia 10-15 tahun. Rata-rata usia mendapat menstruasi pertama kalinya adalah 12 tahun. Namun, usia rata-rata ini bisa berbeda-beda di setiap lingkungan. Anak perempuan juga mungkin saja sudah haid sebelum usia 10 tahun atau baru haid setelah melewati usia 15 tahun.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Apakah Normal Haid Sebulan Tiga Kali Seperti Curhatan Viral di Tiktok?

Sebuah penelitian tahun 2016 dalam jurnal ilmiah Menopause menemukan bahwa wanita yang mendapat menstruasi pertama di usia cukup matang ternyata memiliki peluang lebih besar untuk hidup hingga usia 90 tahun.

Dalam penelitian ini juga disebutkan bahwa wanita yang mencapai menopause di usia lebih tua juga cenderung hidup lebih lama dibandingkan mereka yang sudah menopause di usia relatif muda. Memang sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa semakin cepat Anda mendapat menstruasi pertama, semakin cepat pula Anda mengalami menopause.

Baca Juga: Cara Membedakan Flek Cokelat Tanda Kehamilan Normal dan Tidak Normal

Hasil penemuan ini tentu menjadi babak baru dalam pemahaman kesehatan wanita secara menyeluruh. Pasalnya, dalam penelitian tahun 2016 tersebut dipaparkan bahwa mereka yang pertama kali haid di usia di atas 12 tahun cenderung lebih sehat dan jauh dari risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung koroner.

Kapan anak perempuan mengalami menstruasi pertama bakal mempengaruhi usia harapan hidup mereka. Menurut penelitian lain dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention pada 2007, wanita yang mengalami menstruasi pertama sebelum usianya 14 tahun memiliki harapan hidup lebih kecil ketika diserang kanker. Sementara wanita yang pertama kali haid saat berusia 14 tahun ke atas cenderung memiliki harapan hidup hingga 51 persen lebih tinggi.

Baca Juga: Berikut Ini Rekomendasi Olahraga Saat Menstruasi

Memang belum ada penjelasan pasti dari para ahli mengapa orang yang mengalami menstruasi pertama di usia dini cenderung lebih rentan diserang penyakit atau mengalami kematian lebih cepat. Namun, saat ini alasan paling kuat yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah wanita yang menstruasi di usia dini tubuhnya jadi menua lebih cepat. Karena di usia muda sudah puber, kondisi kesehatan pun makin cepat menurun sehingga rentan terserang penyakit

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya