Catat, Nakes di Jateng Terima Vaksin Booster Pekan Ini

Pemerintah Provinsi Jateng akan melakukan vaksinasi booster atau suntikan vaksin ketiga kepada tenaga kesehatan atau nakes mulai pekan ini.
Catat, Nakes di Jateng Terima Vaksin Booster Pekan Ini

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) akan melakukan vaksinasi booster atau suntikan vaksin ketiga kepada tenaga kesehatan (nakes) mulai pekan ini.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yulianto Prabowo, mengaku vaksin booster yang diperuntukkan bagi nakes itu sudah diterima Pemprov Jateng.

“Totalnya ada sekitar 11.000 vial. Jenisnya Modena. Itu nanti akan diberikan kepada seluruh nakes,” ujar Yulianto saat dijumpai wartawan di kompleks Kantor Pemprov Jateng, Selasa (3/8/2021).

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia 3 Agustus: Positif 33.900, Sembuh 31.324, Meninggal 1.598 Orang

Yulianto mengaku vaksin booster jenis Modena untuk nakes itu rencana diberikan mulai pekan ini. Oleh karenanya, ia pun meminta seluruh daerah untuk menyiapkan fasilitas kesehatan (faskes) yang bisa menampung vaksin tersebut.

“Jadi, kita harus siapkan cold chain atau rantai dingin penyimpanannya, karena karena karakter vaksin ini beda dengan vaksin sebelumnya [Sinovac],” ujar Yulianto.

Menurut Yulianto, vaksin Modena untuk vaksinasi booster naker harus disimpan dalam ruangan bersuhu dingin di bawah atau minus 25 derajat Celcius.

Baca juga: Duh, Vaksin Booster untuk Nakes Sukoharjo Masih Buram

Berbeda dengan vaksin Sinovac yang bisa bertahan dalam lemari pendingin bersuhu minus 2-8 derajat Celcius.

“Kabupaten/kota masih bisa mengupayakan penyediaan rantai dingin untuk menyimpan vaksin Modena. Tapi kalau enggak bisa, ya pakai dari Sinovac, hanya memang ada batas waktunya maksimal 30 hari,” ujar Yulianto.

Baca juga: Innalillahi, Nakes RSUD Wonogiri Meninggal Dunia karena Terpapar Covid-19

Yulianto mengatakan vaksin booster atau vaksin ketiga jenis Modena memang diperuntukkan bagi nakes. Hal ini karena nakes paling rentan terpapar Covid-19.

Bahkan para nakes masih banyak yang terpapar Covid-19 meski sudah disuntik vaksin jenis Sinovac sebanyak dua kali.

Selain Modena, Jateng pekan ini juga akan mendapat pasokan 24.000 vial vaksin jenis Sinovac. Puluhan ribu vial vaksin itu merupakan hibah dari negara tetangga dan diperuntukkan bagi penyandang disabilitas atau difabel.

 


Promo & Events
Berita Terkait
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago