SOLOPOS.COM - Ilustrasi lansia makan makanan bergizi. (Freepik)

Solopos.com, SOLO--Seiring pertambahan usia kebutuhan gizi manusia berubah. Hal itu penting sekali bagi kita untuk mencukupi asupan vitamin agar daya tahan tubuh tetap prima di usia senja.

Lalu seperti apakah kebutuhan gizi yang berubah seiring pertambahan usia tersebut? Simak ulasan selengkapnya di tips kesehatan kali ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mengetahui kebutuhan gizi berubah seiring usia adalah sangat penting. Tanpa pemenuhan gizi yang tepat, kualitas hidup dan kondisi kesehatan dapat menurun. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui perubahan apa saja yang akan terjadi seiring bertambahnya usia terkait zat gizi yang dibutuhkan.

Pada awal kehidupan manusia, tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang tinggi untuk menguatkan sistem imun. Beranjak dewasa, kebutuhan gizi Anda meningkat dan harus dipenuhi seperti karbohidrat dan protein yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Kebiasaan Merokok Sejak Muda Lebih Berbahaya, Ini Penjelasannya

Makanan yang mengandung protein rendah lemak penting untuk mempertahankan otot dan tulang seiring usia. Faktanya, rata-rata orang dewasa akan kehilangan 3 – 8% massa otot mereka setiap 10 tahun setelah mencapai usia 30 tahun.

Itulah awal mula terjadinya gangguan kesehatan tulang kala dewasa. Penelitian menunjukan mereka yang mengonsumsi cukup kebutuhan protein harian akan kehilangan massa otot 40% lebih sedikit dibandingkan dengan orang yang kurang asupan protein.

Terlebih, semakin tua usia Anda semakin rentan mengalami penyakit sembelit (konstipasi). Anda harus memperbanyak makan serat. Sembelit pada lansia dipengaruhi aktivitas harian yang tidak banyak bergerak dan efek samping obat yang dikonsumsi.

Tidak heran semakin menua, kebutuhan serat semakin perlu diperhatikan untuk mencegah masalah pencernaan. Serat juga berfungsi turunkan kolesterol darah yang semakin menumpuk seiring usia. Serat bisa didapatkan dari buah, sayur, dan biji-bijian.

Di sisi lain, kebutuhan lemak, gula, dan garam mulai harus dikurangi semenjak usia dewasa produktif hingga usia lanjut. Semakin bertambah dewasa, kebutuhan kalori total harian Anda juga akan berkurang.

Baca Juga: Wow! Nicholas Saputra Pernah Bersepeda Sejauh 120 Km

Meski butuh asupan kalori yang lebih sedikit, orang dewasa yang bertambah usia perlu asupan zat gizi mikro lebih tinggi. Maka itu, penting untuk mengonsumsi berbagai buah-buahan, sayuran, ikan, dan daging tanpa lemak seiring Anda menua.

Berikut ini beberapa zat gizi mikro yang perlu ditingkatkan seiring bertambahnya usia seperti mengutip laman hellosehat.com, Kamis (3/6/2021):

Kalsium

Semakin bertambahnya usia, kemampuan menyerap mineral kalsium dari makanan semakin menurun. Selain itu, perubahan hormon meningkatkan pembuangan kalsium dari ginjal ke urine. Sehingga, kebutuhan kalsium harus ditingkatkan.

Vitamin B12

Vitamin B12 penting untuk membuat sel darah merah dan menjaga kesehatan fungsi otak. Sayangnya, penelitian memperkirakan bahwa 10 – 30% orang berusia 50 tahun ke atas mulai mengalami kemampuan penyerapan vitamin B12 dari makanan mereka.

Baca Juga:  Anemia Tingkatkan Risiko Demam Berdarah, Benarkah?

Oleh karena itu, beberapa orang dianjurkan untuk mengonsumsi tambahan suplemen vitamin B12. Kondisi ini dikaitkan dengan penurunan produksi asam lambung yang berdampak pada berkurangnya penyerapan vitamin B12 dari makanan.

Magnesium

Semakin tua, Anda berisiko mengalami kekurangan magnesium karena semakin kurangnya asupan, efek dari penggunaan-penggunaan obat, dan juga perubahan fungsi usus.

Vitamin D

Semakin tua, kemampuan kulit untuk mengubah sinar matahari menjadi vitamin semakin berkurang. Kondisi ini pada akhirnya akan memengaruhi juga kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin D. Maka itu, asupan vitamin D harus ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya