SOLOPOS.COM - Ilustrasi Kirab malam 1 sura di Pura Mangkunegaran. (Dok Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lalin) Dinas Perhubungan Solo, Ari Wibowo, menyatakan sudah menyiapkan pengaturan arus lalu lintas agar pengguna jalan dapat melintas dengan nyaman saat Kirab Malam 1 Sura berlangsung, Jumat (29/7/2022).

Seperti diketahui, ada dua kirab yang akan digelar malam itu, masing-masing di Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kirab Pura Mangkunegaran direncanakan dimulai pukul 19.00 WIB dengan rute seperti sebelum pandemi Covid-19.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kirab Pura Mangkunegaran pukul 19.00 WIB undangan datang, dan diperkirakan pukul 19.30 WIB kirab dimulai. Sedangkan untuk rute atau jalurnya sama seperti sebelum masa pandemi Covid-19,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Kamis (28/7/2022).

Rombongan kirab malam 1 Sura di Pura Mangkunegaran Solo akan diberangkatkan melalui pintu utama sisi selatan menuju Jl Ronggowarsito dan belok ke kanan Jl Kartini atau Simpang Empat Atria. Di jalur itu rombongan berjalan ke utara sampai di pertigaan Jl RM Said.

Kemudian rombongan kirab berbelok ke kanan melitasi Jl RM Said dan Jl Teuku Umar. Sesampai di Simpang Empat Ronggowarsito, rombongan berbelok ke kanan dan kembali ke pintu utama Pura Mangkunegaran. Pengaturan lalu lintas dengan sistem buka tutup.

Baca Juga: 2 Kirab 1 Sura dalam Semalam di Kota Solo, Masyarakat Bebas Menonton

“Penutupannya situasional. Kalau belum mulai kirab ya jalan tetap kami buka. Tapi saat akan dilalui rombongan kirab, jalan kami tutup. Setelah selesai dibuka. Penutupannya secara bertahap. Begitu juga pembukaannya secara bertahap,” terangnya.

Sementara itu untuk kirab malam 1 Sura di Keraton Solo, menurut Ari, akan dimulai sekira pukul 24.00 WIB dengan rute yang sama saat sebelum pandemi Covid-19. Rombongan kirab berangkat dari Keraton menuju jalan dekat Masjid Agung Solo dan Simpang Gladak.

Terjunkan 30-An Personel

Selanjutnya, rombongan kirab melintasi Jl Jenderal Sudirman yang lajur kanan atau sisi timur. Di Simpang Empat Telkom rombongan belok ke kanan menuju Jl Mayor Kusmanto hingga Loji Wetan. Di situ rombongan berbelok ke Jl Kapten Mulyadi.

Baca Juga: Sama-Sama Laku Bisu, Ini Beda Kirab 1 Sura Keraton Solo – Mangkunegaran

Sesampai di Simpang Empat Baturrono, rombongan kirab berbelok ke kanan melewati Jl Veteran sampai ke daerah Gading dan Gemblegan. Di Simpang Gemblegan, rombongan berbelok ke kanan melintasi Jl Yos Sudarso sampai Simpang Empat Nonongan.

Di situ rombongan berbelok ke kanan melintasi Jl Slamet Riyadi hingga Bundaran Gladak. Di bundaran itu rombongan berbelok ke selatan melewati jalan di dekat Alun-alun Utara (Alut) Keraton Solo dan finis di Kompleks Keraton Solo.

“Kami akan kerahkan 30-an petugas untuk mengamankan pelaksanaan kirab. Kami juga akan pantau CCTV Room untuk melihat arus lalin,” urainya.

Baca Juga: Kirab 1 Sura Keraton Solo, Undangan untuk Gibran Diantar Putra Mahkota

Seperti diketahui, kirab malam 1 Sura tahun ini merupakan kali pertama setelah sempat vakum karena pandemi Covid-19 dua tahun terakhir. Kirab ini terbuka untuk umum. Masyarakat bisa menonton namun dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya