SOLOPOS.COM - Monstera Delicosa. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO-Sebelum memutuskan membeli dan mengoleksinya, pastikan terlebih dulu mengenal jenis-jenis Monstera yang saat ini sedang naik daun. Hal ini karena tanaman tropis ini memiliki banyak ragam dan masing-masing punya keunikan sendiri-sendiri.

Setelah mengetahui jenis-jenis Monstera, langkah berikutnya adalah sesuaikan dengan dana atau anggaran. Pilihlah yang sesuai dengan anggaran. Tanaman hias indoor ini  cocok dijadikan hiasan interior rumah bergaya Skandinavia atau minimalis. Keunikan tanaman ini adalah memiliki daun mengilap lebar berwarna hijau pekat berpola seperti bentuk hati.  Selain itu, yang membuat tanaman ini semakin mahal adalah lubang atau belahan pada daun menjadi ciri khas Monstera.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berikut ini jenis-jenis Monstera berikut kisaran harganya sebagaimana dikutip Solopos.com dari berbagai sumber pada Selasa (14/9/2021):

1. Monstera Adansonii

Monstera Adansonii (liputan6)
Monstera Adansonii (liputan6)

Salah satu jenis Monstera yang paling populer adalah Adansonii atau biasa dikenal juga dengan sebutan monstera topeng monyet. Adansonii merupakan tanaman merambat yang dapat tumbuh mencapai 6 meter.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk perawatanya, hindari tumbuhan pada kondisi lingkungan berangin atau terlalu kering. Jenis ini juga tidak terlalu menyukai terpaan matahari langsung.

Kamu bisa menyimpan Adansonii di luar ruangan yang tertutupi kanopi. Menyemprotkan uap air juga dapat membantu daun cepat berkembang. Kisaran harganya adalah Rp25.000-Rp200.000 tergantung besar kecilnya tanaman.

2. Monstera Borsigiana

Monstera Borsigniana (liputan6)
Monstera Borsigniana (liputan6)

Monstera Borsigiana adalah jenis yang paling banyak digunakan sebagai hiasan dan mungkin sering kamu temui di sebuah hunian. Janda bolong jenis ini memiliki lubang yang lebih sedikit. Ukuran batangnya juga lebih kecil dan berbentuk bulat. Ia sangat memungkinkan untuk diletakkan di dalam pot tanaman.

Satu lagi yang perlu diingat, hindari tanaman dengan paparan sinar matahari langsung, kamu bisa meletakkannya sebagai dekorasi area indoor. Kisaran harga yaitu Rp100.000-Rp5 juta bergantung ukuran besar kecil tanaman.

3. Monstera Deliciosa Variegata

Monstera Delicosa termasuk tanaman hias dengan harga fantastis. (Istimewa)
Monstera Delicosa. (Istimewa)

Dibandingkan dengan jenis monstera lainnya, varietas deliciosa merupakan tanaman yang mudah kamu temui di pasaran. Jika deliciosa umumnya berwarna hijau, jenis yang satu ini justru memiliki penampakan daun berwarna putih mencolok.

Warna ini membuat tanamanan agak sulit menyerap sinar matahari sehingga hindari menyimpannya di ruangan gelap atau kurang cahaya matahari.

Untuk perawatannya, tidak berbeda dengan monstera deliciosa normalnya. Yaitu siram tanaman ketika kering dan beri dukungan tempat atau objek agar tumbuh ke atas dengan cantik.

4. Monstera Karstenianum

Ingin menggunakan Monster sebagai dekorasi meja, jenis ini mungkin akan kamu sukai. Monstera karstenianum atau bisa juga dikenal sebagai monstera Peru sekilas terlihat seperti daun sirih.

Tetapi jangan salah rupanya ini adalah salah satu tanaman hias unik yang harganya sedikit lebih murah dibandingkan jenis lainnya. Monstera Peru terbiasa hidup di lingkungan dengan kelembaban tinggi, oleh sebab itu sangat penting untuk rutin menyemprot daun secara teratur. Mengutip channel Youtube J Windra berjudul 15 Jenis Tanaman Hias Monstera dan Harganya Tahun 2021, Selasa (14/9/2021), harga tanaman ini adalah Rp50.000-Rp500.000 bergantung ukuran tanaman.

5. Monstera Obliqua

Monstera Obliqua (wikipedia)
Monstera Obliqua (wikipedia)

Masih satu jenis dengan Monstera adansonii, obliqua merupakan versi unik dan termasuk langka di pasaran. Memiliki bentuk daun menyerupai Monstera adansonii, obliqua mempunya daun dengan lubang sangat besar dan disatukan dengan filamen kecil. Batangnya sangat tipis membuat tanaman ini hampir mustahil untuk di kirim.

Itu sebabnya kamu tidak akan menemukan jenis tanaman ini secara online. Fakta lainnya yang membuat tanaman ini spesial adalah hanya ada 17 spesimen liar bunga monstera obliqua yang pernah ditemukan! Sulit ditemui, langka.  Kisaran harganya adalah jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah.

6. Monstera Acuminata

Monstera acuminata. (Istimewa)
Monstera acuminata. (Istimewa)

Monstera acuminata tumbuh secara horizontal dan berkecambah di atas tanah. Saat masih muda daun acuminata memiliki bentuk bundar seperti hati dengan daun tebal dan berukuran kecil.

Sedangkan pada saat tua, daun acuminata nampak seperti deliciosa. Tumbuhan rambat ini menggunakan akar penahan ageotropic, batang pohonnya dapat tumbuh hingga 20 meter. Harga Rp750.000-Rp3,5  juta bergantung jumlah daun dan ukuran besar kecil tanaman.

7. Monstera Minima

Monstera minima. (Tokopedia)
Monstera minima. (Tokopedia)

Si mungil hijau yang cantik ini memang terlihat seperti miniatur monstera. Tanaman hias ini meskipun bentuknya menyerupai tetapi sebenarnya termasuk jenis Rhaphidophora tetrasperma.

Di alam liar, Monstera minima dapat tumbuh pesat hingga ketinggian lima meter. Merawat tanaman ini sangat mudah karena mereka kuat hidup di berbagai kondisi.

8. Monstera Dubia

Monstera dubia. (Pinterest)
Monstera dubia. (Pinterest)

Monstera langka lainnya yang mungkin bisa menjadi koleksi menarik tanaman hias kamu adalah Monstera dubia. Sekilas tanaman ini mirip seperti Satin photos, memiliki penampilan daun yang lebar dengan batang yang menempel kokoh di pohon lainnya melindungi daun daun dari terpaan angin kencang.

Saat masih muda bentuk daun terlihat utuh, akan tetapi ketika sudah tua Monstera obliqua akan berkembang lebih besar dan membelah. Kisaran harga Rp1,5 juta-Rp5 juta bergantung jumlah daun.

9. Monstera Standleyana

Monstera standleyana. (Pinterest)
Monstera standleyana. (Pinterest)

Jika biasanya kita menemukan lubang pada daun Monstera, jenis yang satu ini memang tampak seperti Satin photos tanpa bolong. Daun ini juga lebih murah dibandingkan dengan monstera lainnya.

Tetapi jika kamu suka dengan warna daun keperakan yang mencolok ini sebaiknya rawat dengan benar. Monstera Standleyana rentan dihinggapi kutu putih. Harga Rp250.000-Rp1 juta bergantung ukuran tanaman, jumlah daun dan tempat dimana beli tanaman tersebut.

10. Monstera Marmorata

punya daun berukuran besar dengan perpaduan warna putih, kuning dan hijau. Harga Rp5 juta-Rp25 juta.



11. Monstera Punctulata

Spesies tanaman ini mudah ditemukan di Amerika Tengah dan bagian selatan Meksiko. Tanaman ini memiliki batang muda berbentuk pipih yang saat tua berubah kecokelatan. Monstera punctulata dapat tumbuh hingga 15 meter di alam liar. Kamu dapat membuat taman kamu terlihat hijau dan rimbun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya