SOLOPOS.COM - Pembalap tim Mercedes-EQ Formula E Nyck De Vries melakukan aksi "drifting" saat Meet and Greet Pebalap Formula E di kawasan Monas, Jakarta, Kamis (2/6/2022). (Solopos.com-Antara/Indrianto Eko Suwarso)

Solopos.com, JAKARTA — Balapan mobil listrik Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix digelar akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (4/6/2022). Berikut jadwal Fromula E Jakarta 2022, mulai dari sesi latihan bebas hingga sesi balapan.

Formula E merupakan balap mobil listrik yang telah diselenggarakan sejak 2014 lalu. Setelah dua tahun tertunda akibat pandemi Covid-19, Formula E akhirnya digelar juga di Jakarta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Formula E sama halnya Formula One (F1) yang berada di bawah naungan Federation International de I’Automobile (FIA). Balapan ini digelar dalam 16 seri, di mana Jakarta menjadi seri kesembilan.

Balapan Formula E Jakarta 2022 digelar di Jakarta E-Prix International Circuit (JEIC), Ancol, Jakarta Utara. Balapan ini akan diikuti 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Hingga seri kesembilan ini, posisi klasemen sementara Formula E 2022 masih diduduki pembalap asal Belgia, Stoffel Vandoorne, dari tim Marcedes-EQ Formula E Team dengan torehan 111 poin.

Baca juga: Ini Perbedaaan Sponsor Formula E Jakarta dengan MotoGP Mandalika

Sementara posisi kedua ditempati Edoardo Mortara dari tim Rokit Venturi Racing, yang mengumpulkan poin 99. Sedangkan urutan ketiga ditempati Jean Eric Vergne dari DS Techeetah dengan nilai 95 poin.

Balapan Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 ini akan berlangsung seri. Mobil yang digunakan dalam balapan ini merupakan jenis mobil Formula E Gen 2, yang memiliki dimensi panjang sekitar 5,1 meter, lebar 1,7 meter, tinggi 1 meter, dan wheelbase 3,1 meter.

Mobil Formula E Gen 2 ini sanggup dipacu hingga kecepatan maksimal 250 km per jam dan berakselerasi 0-100 km dalam waktu 2,8 detik. Mobil ini juga memiliki attack mode, sebuah fitur seperti booster di game balap mobil. Sehingga, mobil ini bisa mendapat tenaga tambahan untuk menyalip mobil yang ada di depannya.

Baca juga: Porsche Siapkan Mobil Balap Gen3 di Formula E 2022

Diikutip dari laman Internet resmi Formula E, jadwal adu kebut mobil listrik di Jakarta ini akan diselesaikan dalam satu hari. Jadwal Formula E Jakarta 2022 akan dimulai dari sesi latihan bebas satu dan dua, kemudian sesi kualifikasi dan terakhir adalah sesi balapan.

Berikut jadwal lengkap Formula E Jakarta 2022

1. Free Practice 1 digelar pagi

2. Free Practice 2 digelar pagi

3. Qualifying mulai pukul 10.40-11.55 WIB

4. Balapan pukul 15.00 WIB – 16.00 WIB

Sumber: fiaformulae.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya