SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes berbasis komputer Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS. (Antara-Adeng Bustomi)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan menyelenggarakan ujian seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo pada Sabtu-Selasa (8-11/2/2020).

Data yang dihimpun Solopos.com dari Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karanganyar, sebanyak 6.235 orang melamar sebagai CPNS di Kabupaten Karanganyar. Mereka apa memperebutkan 244 lowongan dengan perincian 140 lowongan tenaga pendidik, 54 lowongan tenaga kesehatan, dan 50 lowongan tenaga teknis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kepala BKPSDM Kabupaten Karanganyar, Suprapto, menuturkan pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan sistem CAT per hari terdiri dari lima sesi dan masing-masing sesi diikuti 450 orang. "Kabupaten Karanganyar mendapat jadwal tanggal 8 Februari hingga 11 Februari. Tetapi khusus tanggal 8 Februari itu tiga sesi. Kami mulai pada sesi tiga karena melanjutkan sisa sesi dari kabupaten lain. Pada 11 Februari itu dua sesi," kata Suprapto saat ditemui wartawan, Jumat (24/1/2020).

Karanganyar menjadi salah satu kabupaten yang menyelenggarakan test CAT CPNS di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Solo. Kabupaten/kota lain adalah Kota Solo, Kabupaten Kudus, Kabupaten Jepara, Kabupaten Grobogan, dan Kabupaten Blora.

Diawali Suara Ledakan, Motor Tabrak Pikap di Gemblegan Solo

Jadwal SKD CAT CPNS di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS dimulai 1 Februari hingga 22 Februari. Per hari lima sesi dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 18.00 WIB. Setiap sesi membutuhkan waktu 1,5 jam.

Mantan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Karanganyar itu menjelaskan Pemkab menyiapkan administrasi peserta SKD CAT CPNS. "Sejauh ini persiapan tidak ada kendala. Peralatan, sarana prasarana semua disiapkan UNS. Kami mengurus administrasi pendaftaran saat peserta hadir, penyimpanan tas, handphone. Soal CAT kewenangan BKN," tutur dia.

Dia mempersilakan pelamar mengecek website SSCN BKN untuk memastikan jadwal ujian tahap pertama seleksi CPNS. Dia mengingatkan pelamar perihal aturan seleksi CPNS secara online. "Pastikan jadwal, datang satu jam sebelum jam yang ditentukan, isi daftar hadir, dan lain-lain di lokasi."

Pilkada Solo: Spanduk Gibran-Razali & Gibran-Joko Santosa Bertebaran

Sebagai informasi lima lowongan untuk kategori penyandang disabilitas sepi peminat. Lima lowongan itu yaitu nutrisionis ahli, nutrisionis terampil, asisten apoteker terampil, perekam medik terampil, dan analis pengawasan masyarakat.

Masing-masing lowongan membutuhkan satu orang CPNS. Tetapi lima lowongan itu bisa diisi pelamar kategori umum dengan catatan tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya