SOLOPOS.COM - Suasana Soft Launching Dieng Culture Festival XIV 2023 di Desa Batur, Banjarnegara, Jateng, Selasa (7/2/2023). (Solopos.com-Antara/Sumarwoto)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Event atau agenda wisata unggulan Jawa Tengah (Jateng) yang digelar di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Dieng Culture Festival (DCF) akan kembali digelar tahun ini. Dieng Culture Festival atau DCF XIV Tahun 2023 rencana digelar pada akhir Agustus nanti.

“Tepatnya pada tanggal 25-27 Agustus 2023 dengan tema The Journey. Soft launching ini baru sebatas penetapan tanggal pelaksanaan kegiatan,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Faozi, saat Tasyakuran DCF XIII 2022 dan Soft Launching DCF XIV 2023 di Oemah Budaya Dieng, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Selasa (7/2/2023).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Setelah soft launching, kata dia, pihaknya akan merumuskan konsep DCF XIV Tahun 2023 termasuk acara-acara pendukung ritual pemotongan rambut gimbal. Alif mengaku bersyukur karena Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, dalam media sosialnya mengapresiasi pergelaran DCF menyebutnya sebagai salah satu kegiatan yang sukses.

Ia pun menceritakan perjalanan panjang pergelaran DCF yang dimulai dari masyarakat petani di Dieng hingga melahirkan Pokdarwis Dieng Pandawa yang merintis Dieng Culture Festival sebagai upaya promosi potensi wisata budaya.

“Awalnya merupakan kegiatan kecil yang didanai dengan iuran sebesar Rp50.000 karena konsep kami gotong royong,” katanya.

Akan tetapi dalam perjalanannya, kata dia, DCF mengalami perkembangan yang luar biasa berkat dukungan berbagai pihak termasuk media massa. “DCF tidak akan besar tanpa media,” katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya akan melanjutkan pergelaran DCF yang telah memasuki tahun ke-14. Menurut dia, semua itu dilakukan dengan empat tujuan, yakni pelestarian budaya, pemberdayaan masyarakat, promosi, dan kegiatan sosial

Ia mengakui pada penyelenggaraan DCF saat pandemi sempat terancam defisit anggaran jika kegiatan tidak berjalan sukses. “Namun, berkat dukungan Bank Indonesia, kegiatan bisa berjalan lancar,” jelasnya.

Ditemui seusai acara, Alif mengatakan pihaknya mengusung The Journey, perjalanan Saat ditemui usai acara, Alif mengatakan pihaknya mengusung The Journey, atau perjalanan sebagai tema DCF XIV Tahun 2023 karena kegiatan tahunan tersebut merupakan suatu perjalanan.

Menurut dia, tema tersebut mengandung maksud jika hari ini sudah bagus, hari esok harus lebih bagus. “Dieng Culture Festival XIV tentu kami punya target harus lebih bagus dari yang sebelumnya, dan tentu target-target tersebut harus kami manajemen sedemikian rupa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya