SOLOPOS.COM - Ibu-ibu saat berbelanja di Bazar Pangan Murah Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Boyolali, Senin (21/11/2022). (Solopos.com/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI – Tak hanya Senin (21/11/2022), bazar pangan murah yang diadakan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Boyolali di halaman kantor mereka bakal berlanjut sampai Selasa (21 – 22/11/2022).

Kegiatan tersebut diserbu oleh ibu-ibu yang ingin berbelanja dengan harga yang lebih miring. Salah satu warga Gumulan, Kemiri, Mojosongo, Parsini, 55, mengatakan dirinya datang bersama tetangganya untuk datang ke bazar pangan murah DKP Boyolali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dapat informasi dari Pak RT, di-share di WhatsApp begitu kalau ada bazar pangan murah di sini. Saya ini beli minyak goreng harganya Rp14.000 per liter, terus cabainya seperempat Rp7.000, telurnya sekilo Rp25.000. Murah banget di sini, kacek seribu dua ribu gitu saya kejar. Lumayan bisa buat beli permen cucu,” kata dia saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi.

Ia berencana  datang kembali pada Selasa pagi untuk membeli beras dan mengajak teman-temannya. Parsini mengaku tak sekalian membeli beras karena dirinya tak membawa uang lebih.

Salah seorang ibu-ibu asal Siswodipuran, Boyolali, Atin, 40, mengatakan awalnya ia iseng mengunjungi kegiatan bazar pangan murah tersebut.

Baca juga: KTNA Agro Expo, Pamerkan Produk Unggulan Hasil Pertanian di Klaten

“Anak saya kemarin kasih tahu kalau di IG [Instagram] ada info pasar murah, saya iseng datang, cek dulu harganya. Ternyata memang murah-murah,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi.

Astin kemudian membeli beras kemasan lima kilogram C4 yang dijual oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) asal Mudal, Boyolali. Atin mengaku membeli beras C4 kemasan lima kilogram sebanyak dua kantong beras.

Penjual beras dari Gapoktan Rejeki Mulyo Desa Mudal, Budi Wiranto, 54, mengatakan harga beras yang ia jual bisa berharga miring karena itu merupakan hasil petani langsung tanpa harus ke distributor.

“Saya jualnya sama-sama kemasan lima kilogram C4, harganya ada Rp48.000 dan yang satunya Rp55.000,” ujarnya.

Baca juga: Keren! Drone Pertanian Turut Ditampilkan di KTNA Agro Expo Klaten

Budi menjelaskan perbedaan harga tersebut karena beras C4 yang lebih murah belum dihilangkan mentir berasnya. Sedangkan, untuk yang harganya lebih mahal karena sudah dipilih beras yang terbaik.

Berdasarkan pantuan Solopos.com di Pasar Boyolali Kota pada Senin pagi. Harga beras C4 kemasan lima kilogram seharga Rp56.000 – Rp57.000.

Harga telur ayam Rp27.000 per kilogram, dan harga minyak goreng Rp16.000 hingga Rp17.000 per liter. Sementara itu, berdasarkan data yang dikumpulkan Solopos.com di lokasi, berikut daftar harga bazar pangan murah DKP Boyolali.

Beras C4 Rp48.000 dan Rp55.000 per lima kilogram;
Beras Medium Rp48.000 per lima kilogram;

Telur ayam Rp25.000 per kilogram;
Minyak goreng Rp14.000 per liter;

Baca juga: Dukung Ketahanan Pangan, Dandim Klaten Panen Jagung dengan Warga di Karanganom

Gula pasir kemasan Rp13.500 per kilogram;
Daging ayam Rp29.000 per kilogram;

Kol merah Rp20.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya