SOLOPOS.COM - Suasana terminal keberangkatan Bandara Adi Soemarmo, Jumat (16/4/2021). (Solopos-Farida Trisnaningtyas)

Solopos.com, SOLO — Mulai Kamis (29/4/2021) mendatang Bandara Adi Soemarmo di Ngemplak Boyolali melayani tes GeNose Covid-19 untuk para penumpang pesawat terbang.

Airport Operation Services and Security Senior Manager Bandara Adi Soemarmo, Riyaman, mengatakan pelaksanaan tes GeNose akan ditangani oleh Angkasa Pura Support yang notabene anak perusahaan Angkasa Pura.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sesuai aturan dari Kementerian Perhubungan, syarat penumpang pesawat boleh memakai tes GeNose. Kami berharap persiapan alat dan sebagainya sudah tersedia pada 23 April 2021. Jadi sebelum dibuka, nanti kami trial dulu pada 27 - 28 April 2021,” ujar dia, saat ditemui wartawan, Jumat (16/4/2021).

Baca juga: Berjalan Lancar, Ini Hasil Pantauan Sementara Uji Coba PTM di Solo

Riyaman menjelaskan pelayanan tes GeNose di Bandara Adi Soemarmo ini menyusul dua bandara lain yang lebih di lingkup AP I yang telah mengadakan tes tersebut, yakni Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Sedangkan di AP II layanan ini ada di Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Di Bandara Adi Soemarmo direncanakan bakal menyediakan sebanyak tiga unit alat tes GeNose.

Hanya Boleh Diakses Calon Penumpang

Selain itu, untuk harga tes GeNose ini diperkirakan sama dengan di bandara lainnya, yakni sebesar Rp40.000. Ia pun menggarisbawahi tes tersebut hanya boleh diakses oleh calon penumpang yang memiliki tiket pesawat terbang.

Baca juga: Kualitas Udara di Soloraya, Daerah Mana yang Paling Berpolusi?

Tempat tes GeNose ini nantinya berada di area parkir roda dua yang kini digunakan untuk tes cepat antigen.

“Namun demikian, layanan ini [GeNose] masih kami batasi. Jadi, sekitar 20% dari jumlah penumpang atau sekitar 200 - 300 orang per hari. Kebijakan ini sementara diberlakukan karena keterbatasan alat. Akan tetapi, pada pelaksanaannya kemungkinan bisa ditambah. Pelayanan dibuka pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB,” papar dia.

Di samping itu, pada persiapan mudik Lebaran, manajemen AP I Bandara Adi Soemarmo mengaku siap. Namun demikian, adanya larangan mudik dari pemerintah membuat manajemen juga belum tahu apakah mesti menyiapkan Posko Lebaran seperti tahun-tahun biasanya. Dalam hal ini, pihaknya belum ada arahan dari manajemen AP I pusat.

Baca juga: Pengamat Transportasi Solo Sebut Ini Hal Terpenting Dalam Penerapan ETLE

Humas Bandara Adi Soemarmo, Danardewi, menambahkan saat ini jumlah penumpang pesawat terbang di Bandara Adi Soemarmo sebanyak 900 - 1.000 orang per hari.

Sedangkan jumlah maskapai ada Lion Air, Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, dan Nam Air. Sementara ada sebanyak 11-12 penerbangan/hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya