SOLOPOS.COM - Cuaca cerah di Jogja saat libur panjang Imlek, Sabtu (17/2/2018). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JOGJA — Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) akan menjadi acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Jogja. Selama acara itu berlangsung, sejumlah ruas jalan di seputar Tugu Pal Putih Jogja bakal ditutup semantara.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Jogja, Golkari Made Yulianto, mengatakan acara WJNC itu bakal digelar pada Jumat (7/10/2022) malam. Selama acara berlangsung akan dilakukan penutupan sejumlah ruas jalan dari berbagai sisi yang dimulai pukul 17.00 WIB hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dia menyampaikan penutupan sejumlah ruas jalan di lokasi utama penyelenggaraan karnaval berkonsep street art tersebut akan memberikan dampak pada peningkatkan kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan lainnya.

Namun demikian, Golkari mengatakan Dinas Perhubungan Kota Jogja bersama Polresta Jogja akan menerjunkan petugas untuk membantu mengatur dan mengarahkan pengguna jalan agar tidak semakin terjebak kepadatan lalu lintas.

Baca Juga: Kanjuruhan Jadi Perhatian Dunia, Muhammadiyah: Tim Pencari Fakta Harus Objektif

Selain itu juga akan dilakukan pengaturan durasi lampu lalu lintas dari ruang kontrol di Kantor Dinas Perhubungan Kota Jogja, sehingga arus lalu lintas diupayakan tetap lancar.

Penutupan jalan di sisi barat akan dimulai dari simpang Pingit, sedangkan di sisi utara dilakukan dari simpang Jetis dan dari sisi timur akan dilakukan dari simpang empat Gramedia serta di simpang Jalan C Simanjuntak.

Penutupan juga akan dilakukan di sekitar Jembatan Gondolayu, seperti Jalan Sabirin, Jalan Dewa Nyoman Oka, dan Jalan Faridan M Noto karena lokasi tersebut digunakan sebagai tempat persiapan peserta WJNC.

Baca Juga: Motor Tabrak Pohon di Jalanan Sleman, 1 Orang Meninggal & 1 Orang Terluka

“Penutupan di simpang Pingit akan menimbulkan dampak pada kepadatan di Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar, dan Jalan Kyai Mojo. Kepadatan juga diperkirakan terjadi di kawasan Terban,” kata dia, Rabu (5/10/2022).

Golkari menyampaikan bagi  masyarakat yang tidak berkepentingan atau tidak berencana menonton secara langsung WJNC, maka diimbau untuk menghindari ruas-ruas jalan tersebut.

“Lebih baik dihindari agar tidak terjebak kepadatan. Sedangkan bagi masyarakat yang ingin menonton secara langsung, maka lebih baik menyesuaikan jam kedatangan,” katanya.

Baca Juga: Ditinggal ke Pasar, Rumah di Semanu Gunungkidul Ludes Terbakar

Lokasi parkir bagi pengunjung disediakan di Jalan Poncowinatan dan Jalan Kranggan.

“Lokasi parkir tidak jauh dari Tugu. Untuk tamu undangan, kami siapkan parkir di Jalan Diponegoro,” katanya.

Setelah WJNC selesai, seluruh ruas jalan akan kembali dibuka. Dari pengalaman sebelumnya, arus lalu lintas bisa cepat kembali lancar karena arus kendaraan yang melintas juga sudah berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya