SOLOPOS.COM - Ilustrasi. AC mobil meredam udara panas dalam kendaraan. (Otodriver.com/Autocenter)

Solopos.com, SOLO — AC mobil menjadi komponen peredam udara panas dalam kabin kendaraan. Namun, pernahkan Anda merasakan AC mobil mengeluarkan bau tak sedap?

Apabila hal itu sampai terjadi, tentu akan membuat penumpang tidak nyaman selama perjalanan. Lantas apa sebenarnya penyebab AC mobil mengeluarkan bau tak sedap?

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Sebaiknya Anda mengetahui hal ini, agar bisa mencari sosulusinya sehingga AC kembali menghembuskan udara sejuk tanpa bau. Berikut penjelasannya seperti dikutip dari Otodriver melansir Autocenter.

Kurangnya penggunaan

Salah satu penyebab AC mobil mengeluarkan bau yang tak sedap adalah mobil lama berada di garasi sehingga AC pun jarang dinyalakan.

Bau tak sedap yang keluar dari AC bisa terjadi karena kotoran dan bakteri menumpuk pada sistem. Untuk mengatasinya bagian blower AC dibersihkan.

Baca juga: Usir Jamur Kaca Mobil Dengan Pasta Gigi Dan Tembakau

Filter udara kotor

Bau tak sedap yang keluar dari AC mobil bisa karena filter udara yang kotor. Apalagi jika mobil digunakan rutin setiap harinya.

Melakukan pembersihan AC secara teratur bisa menjadi salah satu jalan keluar, atau mengganti filter AC ketika ditemukan masalah lain.

Makan dan merokok

Makan dan merokok di dalam mobil sudah menjadi kebiasaan. Namun perlu diketahui kebiasaan ini bisa menyebabkan AC mobil mengeluarkan aroma yang tak sedap.

Baca juga: Sering Dipalsukan dan Disalahgunakan, Ini Arti Kode Pelat Nomor TNI

Sebab, partikel dari makanan dan asap rokok akan menempel pada beberapa bagian, seperti jok, karpet hingga dashboard mobil.

Untuk mencegah AC mobil mengeluarkan bau tak sedap Anda bisa menggunakan AC secara teratur, termasuk disesuaikan dengan cuaca.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya