SOLOPOS.COM - Karyawan Best Western Premier Solo Baru dengan pin wajah mereka menyambut tamu. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO – Best Western Premier Solo Baru, Sukoharjo tetap melayani tamu dengan senyum kendati saat ini seluruh staf dan managemen menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan memakai masker. Namun ada cara unik yang dilakukan untuk menyampaikan senyum menyambut tamu.

Dampak adanya pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum selesai dirasakan masyarakat dan pelaku usaha yang mengalami penurunan pendapatan. Berbagai upaya untuk tetap survive terus dikembangkan dengan ide-ide kreatif dan terobosan inovasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagai salah satu bidang usaha yang terdampak cukup signifikan dalam tingkat hunian dan kunjungan wisata, adalah bisnis perhotelan dan pariwisata. Kendati demikian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), mengajak untuk menumbuhkan optimism. Agar dapat bangkit di tengah tantangan yang sulit di tengah pendemi.

Baca juga: Dapat Rp3,2 Miliar Ganti Rugi Lahan Tol Solo-Jogja, Warga Klaten ini Langsung Borong Rumah Indekos

Salah satu kunci yang harus dijalankan bersama pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan adalah komunikasi, kolaborasi, dan koordinasi. Komitmen dari pemerintah membuat bisnis perhotelan optimis untuk terus beroperasi.

Tekait dengan beroperasinya perhotelan diperlukan protocol kesehatan yang ketat, dengan mengikuti aturan dari pemerintah. Yakni telah memiliki sertifikat CHSE (Clean, Hygiene, Safety and Environment), dari pemerintah. Sehingga meningkatkan kepercayaan tamu untuk menginap maupun mengadakan acara di hotel.

Penggunaan standard prokes di perhotelan menjadi syarat wajib baik tamu maupun karyawan hotel. Kenyamanan tamu hotel menjadi prioritas utama dalam melayani tanpa mengabaikan produk dan service dari hotel.

Baca juga: Selamat! Best Western Premier Solo Baru Raih Perhargaan dari Agoda

Pin Senyum Best Western Premier

Best Western Premier Solo Baru salah satu hotel berbintang di Soloraya telah mendapatkan sertifikat CHSE. Seluruh karyawan sudah selesai vaksinasi tahap kedua dan telah mendapatkan sertifikasi dari pedulilindungi.id.

“Ini bagian dari komitmen kami untuk melindungi baik dari sisi tamu maupun karyawan di masa pendemi Covid-19. Tentunya dengan tetap menjalankan prokes anjuran pemerintah ” terang General Manager Best Western Premier Solo Baru, Oji Fahrurrazi, Kamis (16/9/2021).

Kekuatan dari hotel, lanjutnya, tidak hanya dalam produk maupun service tetapi hospitality hotelier juga menjadi utama. Baik dari sisi human interest dengan tamu, maupun grooming (penampilan seseorang, dilihat dari cara berpakaian, tutur kata, dan sopan santun).

Baca juga: Bioskop di Soloraya segera Buka, Begini Persiapannya

Terkait dengan grooming, saat ini tidak semua terlihat oleh tamu. Seperti senyuman tulus ciri khas dari staf Best Western Premier Solo BAru, karena wajib menggunakan masker. Sehingga membuat tidak kelihatan senyumannya yang menjadi concern manajemen.

“Namun kami punya cara tersendiri agar tamu tahu bahwa kami melayani dengan senyum tulus. Caranya dengan campaign “ I’m smiling behind the mask” menggunakan pin yang menunjukan wajah karyawan yang tersenyum. Seluruh staff maupun managemen memasang pin ini pada saat bertugas di operasional” kata Oji Fahrurrazi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya