SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging kurban. (Freepik.com)

Solopos.com, BOYOLALI – Pemerintah Kabupaten Boyolali melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) membagikan panduan cara aman mengolah daging kurban agar aman dari penyakit mulut dan kaki (PMK).

Panduan cara aman mengolah daging kurban agar aman dari penyakit mulut dan kaki (PMK)  mereka sampaikan melalui akun Instagram resmi @pemkab_boyolali, Jumat (8/7/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tulisan tersebut mereka unggah ulang dari akun Instagram Kementerian Pertanian dengan tema yang sama.

Ekspedisi Mudik 2024

Mereka menuliskan bahwa daging, jeroan, tulang, dan kepala yang berasal dari hewan tertular PMK berpotensi menularkan ke hewan rentan PMK. Hewan rentan PMK yang dimaksud yakni sapi, kerbau, domba, dan kambing.

Oleh karena itu, mereka berbagi tips aman mengonsumsi daging sapi ataupun kambing. Dimulai dengan tidak mencuci daging sebelum diolah, rebus daging di air mendidih selama 30 menit.

Baca juga: Pencucian Daging Kurban di Sungai Wonogiri Dilarang, Ini Tujuannya

Jika terpaksa memasak jeroan, pastikan memilih jeroan yang sudah direbus.  Namun, jika mendapatkan jeroan yang masih mentah, rebus dulu dalam air mendidih selama 30 menit sebelum disimpan di kulkas atau diolah.

Selanjutnya, dinginkan daging atau jeroan setelah direbus. Kemudian bekukan jika daging tidak langsung dimasak.

Simpan daging matang ke dalam freezer bersama kemasannya pada suhu dingin (chiller) minimal 24 jam. Antisipasi terakhir yakni bekas kemasan daging jangan langsung dibuang.  Rendam dahulu bekas kemasan dengan deterjen/pemutih pakaian/ cuka dapur untuk mencegah cemaran virus ke lingkungan.

“Halo Sobatani, di tengah kasus PMK pada ternak, jangan khawatir untuk mengonsumsi daging ya. Daging yang dimasak sempurna dan sudah melewati perlakuan tertentu aman untuk dikonsumsi,” tulis akun Instagram @pemkab_boyolali sebagai keterangan foto grafis panduan tersebut.

Baca juga: IDULADHA 2016 : Warga Lereng Gunung Merbabu Terima 20 Ekor Kambing Kurban

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya