Cara Mudah Tes Kondisi Kesehatan Anda di Rumah, Cukup 30 Detik

Ada cara mudah untuk tes kondisi kesehatan Anda di rumah.
Cara Mudah Tes Kondisi Kesehatan Anda di Rumah, Cukup 30 Detik
SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengepalkan tangan. (FreepiK)

Solopos.com, SOLO-Ada cara mudah untuk tes kondisi kesehatan Anda di rumah. Namun jika ingin hasil menyeluruh, sebaiknya rutin melakukan general check up ke laboratorium.

Tes kondisi kesehatan yang bisa dilakukan di rumah ini caranya mudah dan cukup dilakukan selama 30 detik.  Hasilnya bisa untuk menentukan apakah tubuh Anda benar-benar fit atau ada keluhan, sehingga bisa ditindaklanjuti dengan memeriksakan diri ke dokter.

Ada tiga cara mudah untuk tes kondisi kesehatan Anda di rumah. Anda bisa melakukannya sendiri dan tidak perlu alat kesehatan khusus. Berikut ini caranya seperti dikutip dari Bisnis.com pada Rabu (1/12/2021):

Tes 1: Tangan mengepal dan kemudian meremas

Cara pertama untuk tes kesehatan Anda di rumah adalah dengan mengepalkan tangan. Dalam latihan ini, tekuk jari-jari Anda untuk membentuk kepalan tangan. Kemudian remas tangan Anda, tahan posisi tersebut selama 30 detik. Setelah Anda melepaskan tangan Anda, Anda akan melihat bahwa telapak tangan Anda menjadi sedikit lebih putih dari sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aliran darah.

Baca Juga: 5 Kafe Terunik di Dunia, Ada yang Simulasikan Gempa Magnitudo 7,8

Tunggu dan amati telapak tangan Anda dan periksa durasi yang diperlukan untuk kembali ke warna biasanya. Mengingat Anda merasa mati rasa atau butuh beberapa saat atau lebih agar darah mengalir kembali, maka itu bisa menjadi tanda arteriosklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari jantung ke seluruh tubuh menjadi tebal dan keras.

Tes 2: Peras akar kuku Anda

Latihan berikutnya melibatkan meremas akar kuku Anda masing-masing selama 5 detik. Mirip dengan latihan sebelumnya, dalam hal ini kuku cenderung menjadi lebih putih. Namun, dalam latihan ini, dibutuhkan tidak lebih dari 3 detik agar darah kembali normal. Konon, jika Anda merasa sakit dan tidak nyaman, inilah yang bisa ditunjukkan oleh rasa sakit di setiap jari:

– Nyeri di ibu jari bisa menandakan masalah pernapasan.

Baca Juga: Viral! Pasangan Malaysia Ini Pergi ke Paris Naik Motor

– Jari telunjuk bisa menunjukkan masalah yang berhubungan dengan usus besar atau sistem pencernaan.

– Jari tengah adalah penanda masalah kardiovaskular.

– Jari manis juga bisa berarti masalah yang berhubungan dengan jantung.

– Akhirnya, jari terkecil dapat dikaitkan dengan masalah dengan usus kecil. Mengingat setiap jari terkait erat dengan bagian tubuh yang berbeda, setiap penyimpangan dapat diidentifikasi melaluinya.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Masa Menstruasi Tiba-Tiba Lebih Singkat dari Biasanya

Tes 3: Angkat kaki dan tahan

Untuk tes ini, berbaring telentang di tanah dengan wajah menghadap lantai dan tangan lurus sejajar dengan tubuh. Perlahan angkat kedua kaki Anda bersama-sama, sementara tubuh Anda terus beristirahat di tanah. Lihat apakah Anda dapat menahan posisi selama 30 detik. Jika Anda tidak dapat atau menghadapi masalah untuk menjaganya tetap stabil atau bersama-sama, maka mungkin ada masalah dengan perut atau tulang belakang bagian bawah Anda. Namun, hanya untuk menguasai latihan ini jangan terlalu memaksakan diri.

 


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago