Cara Mudah Hindari Merasa Dimata-matai Google

Cara mudah mengubah setelan ponsel untuk menghindari merasa dimata-matai Google.
Cara Mudah Hindari Merasa Dimata-matai Google
SOLOPOS.COM - Tangkapan layar laman setelan aktivitas pengguna Google.

Solopos.com, SOLO – Nyaris semua aktivitas kita menggunakan smartphone bisa dideteksi Google. Namun, anda bisa menggunakan cara mudah ini untuk menghindari merasa dimata-matai Google.

Nyaris seluruh produk Google bisa mengetahui rahasia pribadi anda. Bagaimana caranya? Aktivitas pencarian tentang hobi hingga masalah pribadi yang hendak dipecahkan misalnya.

Jejak pencarian ini menambah pundi-pundi data Google dalam mengenali pengguna produknya. Belum lagi mobilitas yang bisa terdeteksi dari pergerakan anda saat menggunakan Google Map.

Baca Juga: Resmi Dijual, iPhone Tuai Kritik pada Bagian Ini

Ini secara otomatis akan menyuplai informasi tentang ketertarikan anda tentang sebuah tempat atau relevansi kegiatan bisa dideteksi dari karakter tempat yang dikunjungi.

Data personal tersebut akhirnya kembali kepada anda dalam sebuah promo atau kepentingan lain. Misalkan anda sering pergi ke tempat kuliner menggunakan smartphone dengan mengaktifkan Google Map aktif, tentu saja iklan yang keluar dalam gawai anda adalah seputar produk kuliner.

Bagi sebagian pengguna Google, hal ini membuat rasa tidak nyaman. Sebab, seolah setiap langkah dalam hidup ada mata-mata yang selalu mengikuti.

Baca Juga: GOOGLE : Inilah Cara mengetahui Apakah Anda Menjadi Target Iklan Google

Menurut pengalaman Solopos.com, beberapa pembaca sempat mengeluhkan iklan Google yang keluar di gawai mereka berbau porno. Sebenarnya ini adalah buah dari rekam jejak pembaca saat menggunakan Google.

Selalu ada relevansi iklan keluar sesuai data akan jejak penelusuran dengan Google sebelumnya. Nah, belum lama ini ada tips yang disampaikan seorang reporter dari Washington Post bernama Heather Kelly.

Tips itu ia berikan untuk menjawab keresahan yang sama dari pengguna yang merasa dimata-matai Google. Bagaimana tips dari reporter wanita berambut pirang itu?

Baca Juga: Rumah Pendiri Google Terbakar, Warganet Amerika Justru Nyinyir

Pertama, pengguna bisa mengakses myaccount,google.com. Setelah masuk ke laman tersebut, anda bisa menemui fitur data & privacy.

Setelah sampai di tahap ini, upaya anda tinggal selangkah lagi. Perhatikan pada fitur Web & App Activity atau Aktivitas Web & Aplikasi.

Pastikan ikon di samping tulisan itu tidak berwarna biru. Jika dalam setelan anda masih berwarna biru, anda tinggal mengklik atau geser ke kiri ikon tersebut.

Dengan mengubah setelan itu, aktivitas pencarian anda serta penggunaan aplikasi tak akan terekam sebagai data oleh Google.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago