SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Pelek Mobil (Auto2000.co.id)

Solopos.com, SOLO — Salah satu komponen penggerak mobil adalah ban yang melekat pada pelek. Jika ban atau pelek rusak tentu laju kendaraan bermotor akan terganggu

Agar tidak terjadi masalah saat melaju di jalan raya, sebaiknya Anda mengecek komponen penting pada kendaraan, salah satunya pelek mobil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apakah cara mengecek velg mobil rusak bisa dilakukan sendiri? Anda bisa melakukan pengecekan pelek mobil sendiri.

Tujuan pengecekan pelek mobil adalah untuk mengetahui secara dini jika munculnya kerusakan pada keempat pelek mobil Anda.

Ada tiga cara mudah yang dilakukan untuk mengecek kondisi pelek mobil rusak atau tidak, seperti dikutip Solopos.com dari Auto2000.co.id.

Baca juga: Berapa Lama Baterai Mobil Listrik Bisa Dipakai? Ini Perhitungannya

Angin ban cepat berkurang

Keempat ban mobil harus memiliki tekanan angin ideal sesuai anjuran pabrikan Toyota. Jika ada ban yang kempis atau mengalami kurang angin tentu harus tambah angin.

Namun jika berkurangnya angin dalam waktu singkat maka perlu dicurigai adanya kerusakan pada bagian pelek mobil Anda.

Kemudi bergetar

Apabila kemudi mobil Anda cenderung bergetar padahal sistem pengendalian tidak ada masalah, maka sektor pelek mobil bagian depan perlu dicurigai.

Pelek yang tidak lagi bulat sempurna ataupun mengalami lekukan di bagian yang tidak seharusnya maka bisa menjadi pemicu kemudi bergetar.

Baca juga: Ini Tanda Helm Kadaluwarsa dan Tak Layak Pakai

Bentuk pelek tidak sempurna

Sebagai komponen mobil yang membuat gerak atau laju berlangsung sempurna maka bentuk bulat sempurna mutlak dimiliki setiap pelek mobil.

Anda bisa mengamati dari berbagai sisi pelek mobil mengalami perubahan bentuk atau tidak, jika berubah bentuk dipastikan pelek tersebut rusak.

Berubahnya bentuk menjadi tidak bulat sempurna ini bisa disebabkan oleh tabrakan, atau hantaman jalan berlubang dalam kecepatan tinggi secara terus menerus.

Jika pelek mobil rusak di atas maka segera datang ke bengkel untuk dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya