SOLOPOS.COM - Tiel atau cockatiel adalah jenis burung yang memiliki penampilan mirip parkit. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawatnya. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Tiel atau cockatiel adalah jenis burung yang memiliki penampilan mirip parkit, namun ukuran tubuhnya jauh lebih besar dengan jambul di kepalanya.

Sebagian kicau mania menyebutnya sebagai burung falk, tapi ada juga yang menjulukinya parkit australia. Bagaimana cara merawatnya agar rajin bunyi? Simak tipsnya berikut ini.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Cockatiel atau falek bukanlah jenis burung yang umum ditemukan di alam Indonesia, tetapi merupakan jenis burung impor yang asalnya dari Benua Australia. Namun karena sudah banyak yang menangkar dan dipasarkan di dalam negeri, menjadikan burung ini banyak ditemukan di pasar burung lokal.

Daya tarik burung cockatiel tidak hanya penampilan dan jambulnya yang cantik, tapi juga karena kecerdasannya. Selain dapat dilatih dengan beragam atraksi menarik, cockatiel juga punya kepandaian menirukan suara meski sebatas suara siulan saja. Itu sebabnya, cockatiel kerap dijuluki Kakatua mini.

Burung cockatiel atau falek mempunyai suara kicauan yang sangat menarik yang berupa siulan merdu. Jika sering dilatih, burung ini mampu menirukan suara-suara yang didengarnya, termasuk suara musik atau irama lagu.

Perawatan cockatiel sangat mudah dilakukan, apalagi jenis burung ini dikenal cepat bunyi sehingga tidak perlu settingan atau pola rawatan khusus yang bertujuan mendongkrak birahinya. Agar burung mau menirukan suara, maka pemasteran harus selalu rutin dilakukan.

Berikut tips dan cara merawat burung cockatiel si parkit australia

1. Untuk perawatan hariannya, cockatiel atau falk/parkit australia membutuhkan asupan pakan yang bervariasi untuk membuatnya selalu aktif dan sehat. Ada beberapa jenis makanan yang bisa diberikan, yaitu:

2. Biji-bijian yang terdiri dari milet, kuaci (biji bunga matahari), jewawut, dan sebagainya.

3. Buah dan sayuran segar seperti apel, pir, dan jagung manis. Berikan juga potongan daun sayuran hijau seperti sawi, daun bayam, dan sebagainya.

4. Protein yang berasal dari telur rebus. Telur rebus ini bisa diracik dengan pakan biji-bijiannya dan sayuran dalam bentuk Egg Food.

5. Mandikan burung secara rutin setiap pagi. Cara mandi bisa dilakukan dengan cara menyemprot bulu-bulunya menggunakan sprayer atau memasukkan burung ke dalam karamba mandi.

6. Menurut info yang kami kutip dari burungkacer.com Pengembunan tidak perlu dilakukan, tetapi burung setiap pagi harus dijemur saat matahari terbit. Hal ini akan membantu melancarkan metabolisme sehingga burung akan selalu aktif dan rajin berkicau.

7. Hal yang harus dilakukan jika ingin memiliki burung cockatiel yang pandai berkicau adalah memberinya latihan. Latihan ini bisa dilakukan dengan memutarkan irama lagu yang biasanya dalam bentuk potongan nada midi yang diulang-ulang. Jika rutin dilakukan, burung akan mampu menirukan suara tersebut melalui siulan khasnya.

8. Bisa juga dilatih bersiul seperti yang diinginkan. Pelatihan harus dilakukan dengan sangat rutin agar burung mampu menirukan suara tersebut.

9. Untuk menjaga kondisinya sepanjang hari, berikan multivitamin ke dalam air minum atau pakan tambahannya (EF). Pemberian vitamin tersebut dapat menjadikan burung semakin terjaga staminanya, sehingga selalu bersemangat setiap hari.

10. Bagian terpenting dalam perawatan burung falek atau cockatiel adalah pemilik burung yang selalu berinteraksi dengan burung rawatannya, karena hal ini dapat memengaruhi kegacoran dan kecerdasan dari burung tersebut.

Demikian tips dan cara merawat burung cockatiel si parkit australia. Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya