SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Cara menyalakan mesin mobil dengan remote keyles. (Wapcar.my)

Solopos.com, SOLO — Teknologi otomotif semakin berkembang, bahkan untuk menyalakan mesin mobil pun menggunakan remote keyles. Hanya saja daya pada baterai tak selamana penuh sehingga mengganggu kinerjanya.

Fitur keyles ini memang memudahkan pemilik dalam berkendara, karena untuk menyalakan mesin mobil hanya melalui sentuhan tombol saja, tak perlu lagi memutar anak kunci.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu juga, fitur keyless juga meningkatkan keamanan pada mobil Anda. Namun, ada satu komponen penting pada fitur ini yakni baterai.

Dikutip dari Otodriver dan Wapcar.my, jika baterai lemah, otomatis kinerja remote keyless juga akan melemah dan tidak bisa digunakan untuk mengaktifkan mesin mobil.

Cara yang mudah adalah dengan segera mengganti baterai yang ada di remote keyles milik mobil Anda. Namun hal ini jika berada di kota atau dekat penjualan baterai.

Baca juga: Kapan Mobil Harus Diservis agar Tetap Nyaman dan Aman Dikendarai

Menurut Kepala Mekanik Auto2000 Cilandak Sumarmin, nyawa utama remote keyles adalah baterai. Untuk membuka pintu bisa dilakukan secara manual, namun bagaimana menyalakan mesin .

Pada mobil yang tidak menggunakan remote keyles hal ini tidak menjadi persoalan. Karena menggunakan kunci biasa pun masih bisa menyalakan mesin mobil.

Tetapi, tidak perlu khawatir jika baterai remote keyless lemah, begini cara mengoperasikan sistem keyless dengan baterai dalam keadaan lemah.

Baca juga: Benarkah Campur Bensin dengan Minyak Kayu Putih Bikin Irit

“Dalam keadaan darurat caranya, dorong atau tekan tombol Start Stop Engine dengan remote keyless dan mesin mobil akan menyala,” jelasnya.

Kendati berhasil menyalakan mesin mobil, Sumarmin menyarankan agar baterai remote keyles wajib diganti agar sistem dapat berfungsi normal.

Selain itu, guna mengatasi kondisi seperti ini apabila bermasalah di jalan dan tidak menemukan pengganti. Sebaiknya sediakan baterai remote keyles cadangan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya