SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa membaca. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Sebagai guru atau pendidik sebaiknya ketahui bagaimana cara meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Kemampuan literasi ini sangat penting dimiliki pelajar.

Karena dengan kemampuan literasi, pelajar bisa lebih mengerti dan juga paham akan materi dari buku pelajaran di sekolah. Tak hanya materi ajar, membaca juga akan menambah wawasan kita supaya lebih luas dan dapat berbagi ilmu dengan orang lain. Tentu hal ini akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain untuk ke depannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Akan tetapi masih ada yang kurang minat dalam membaca buku, hal ini membuat guru khawatir terhadap muridnya. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Baca Juga: Resmi Diumumkan! Edutorium UMS Sukoharjo Jadi Lokasi Konser Dewa 19 di Solo

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari ruangguru.com, Rabu (21/9/2022), terdapat 10 cara untuk meningkatkan minat baca pada siswa di sekolah:

1. Memilih Buku yang Tepat

Langkah pertama meningkatkan minat baca anak didik adalah pilihlah buku yang tepat. Terkadang bapak atau ibu guru di sekolah mengharuskan siswanya untuk membaca buku tertentu. Akan tetapi hal ini ternyata kurang efektif karena jika mereka terpaksa untuk membaca buku itu, maka minat baca pada buku akan menurun karena keterpaksaan tadi.

Oleh karena itu memilih buku yang tepat untuk siswa sangat diperlukan dan akan lebih efektif meski membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Sebelum memilih buku yang tepat untuk para siswa, sebaiknya bapak atau ibu guru mengamati tontonan apa yang sedang disukai anak didiknya dan mencarikan buku dengan tema yang sama tapi tetap memiliki ilmu penting di dalam buku tersebut.

2. Memanfaatkan Apa yang Ada di Sekitar

Langkah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar, seperti buku komik, resep makanan, cerpen bergambar, dan sebagainya. Bacaan seperti ini memang memiliki kalimat yang sedikit dengan banyak gambar, akan tetapi hal ini dapat meningkatkan minat baca siswa karena tanpa disadari mereka akan membaca setiap kata.

Baca Juga: Mahasiswa UNS Solo Marcell Menimba Ilmu di RWTH Aachen University Jerman

Kemudian lama kelamaan mereka akan semakin tertarik membaca meski hanya dimulai dari bacaan sedikit tapi ini merupakan sebuah peningkatan.

3. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Menciptakan suasana membaca yang nyaman juga hal penting karena akan mempengaruhi konentrasi pada para siswa. Suasanya yang nyaman dapat dimulai dari menyediakan kursi yang nyaman, meja yang nyaman, pencahayaan yang cukup, suasana sekitar yang tenang, serta buku yang bervariatif untuk para siswa.

Menaruh banyak buku yang bervariatif di dalam kelas akan membuat siswa tertarik untuk menyentuh buku tersebut. Selain di kelas, sekolah juga harus mempunyai fasilitas perpustakaan yang nyaman untuk para siswa. Perpustakaan identik dengan suasana tenang dengan banyak buku, seperti buku pelajaran bahkan sampai buku cerita. Ketika siswa bosan membaca buku di kelas, mereka bisa berpindah ke perpustakaan untuk mencari suasana baru membaca buku menamba minat baca.

4. Membuat dan Menempelkan Slogan

Langkah selanjutnya adalah membuat slogan berisi pesan edukatif tentang membaca dengan gaya bahasa anak muda. Lalu menempelkan slogan ini di setiap lokasi yang sering dikunjungi siswa seperti ruang kelas, perpustakaan, aula sekolah, ruang guru, dan sebagainya. Dengan adanya slogan ini, mereka akan sering melihat dan teringat terus, lalu diharapkan para siswa dapat meningkatkan minat baca mereka.

Baca Juga: Alat Vital Siswi SD di Solo Berdarah Kena Tendang, DPRD: Bercandanya Kelewatan!

5. Sharing

Langkah selanjutnya adalah sharing kepada para siswa setelah bapak atau ibu guru selesai membaca sebuah buku. Menceritakan kepada para siswa tentang buku tersebut dengan suasana seperti diskusi akan membuat mereka tertarik untuk mengetahui buku tersebut lebih lanjut.

6. Cara Membaca

Bapak atau ibu guru bisa membimbing siswanya untuk mengetahui siasat agar membaca menjadi lebih menyenangkan. Cara ini bisa dilakukan seperti menyuruh siswa membaca satu paragraf satu orang dengan suara yang keras secara bergiliran.

7. Mengadakan Field Trip

Cara meningkatkan minat baca siswa berikutnya adalah mengubah suasana. Hal ini dapat dilakukan dengan mengadakan field trip atau karyawisata mengunjungi toko buku dan perpustakaan selain di sekolah secara bersama-sama. Tentu ini merupakan hal yang seru serta pengalaman yang baru bagi para siswa karena dapat melihat ribuan buku berbeda dengan yang ada di sekolah.

Baca Juga: Cara Membuat Pelajar Tetap Konsentrasi saat Pelajaran

8. Undang Penulis

Jika memungkinkan, bapak atau ibu guru bisa mengundang penulis buku dan saling sharing di dalam kelas. Hal ini akan meningkatkan motivasi anak didik dan rasa penasaran akan buku tersebut. Bahkan para siswa akan merasa kagum dan bangga bisa bertemu dengan salah satu penulis buku yang selama ini mereka baca.

9. Manfaatkan Buku untuk Berkreasi

Langkah ini dapat dilakukan seperti dengan meniru tokoh favorit mereka dalam buku. Mereka bisa meniru gaya bicara, perilaku baik tokoh, bahkan kostum yang digunakan oleh tokoh favorit mereka dalam buku.

10. Piknik Bersama

Cara terakhir meningkatkan minat baca siswa adalah mengadakan piknik bersama ketika liburan telah tiba. Hal ini dapat dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada seluru siswa yang sudah mau meningkatkan minat baca bersama teman atau bapak ibu guru. Dengan adanya piknik ini diharapkan para siswa dapat lebih meningkatkan minat baca baik di sekolah ataupun di tempat lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya