Cara Menghemat Elpiji agar Tahan Lama meski Sering Dipakai

Kompor gas yang semakin sering dipakai tentu akan membuat elpiji lebih cepat habis. Namun, ada cara menghemat elpiji meski kerap atau rutin digunakan.
Cara Menghemat Elpiji agar Tahan Lama meski Sering Dipakai
SOLOPOS.COM - Ilustrasi memasak. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Elpiji menjadi salah satu barang penting di dapur rumah. Tidak sedikit orang yang mengeluhkan penggunaan elpiji di rumah terasa boros. Padahal ada beberapa cara menghemat elpiji agar bisa awet.

Kegiatan masak memasak merupakan salah satu rutinitas harian di setiap keluarga. Itulah mengapa penggunaan elpiji menjadi vital.

Penggunaan kompor gas yang semakin sering tentu akan membuat elpiji lebih cepat habis. Namun, tetap ada cara menghemat elpiji meski kerap atau rutin digunakan.

Berikut beberapa cara menghemat elpiji di rumah sebagaimana dikutip dari laman Rinnai, Sabtu (2/10/2021).

Rutin Bersihkan Kompor dan Saluran Gas

Cara pertama menghemat elpiji dan ini menjadi hal utama yang wajib dirutinkan adalah membersihkan kompor. Pembersihan dilakukan khususnya pada saluran tempat mengalirnya bahan bakar tersebut. Upaya ini bisa dilakukan setidaknya 1 kali dalam 4 bulan.

Baca Juga: Cara Mudah Atasi Tabung Gas Mendesis atau Bocor

Cara membersihkan dilakukan dengan hati-hati serta dianjurkan untuk melepas selang elpiji terlebih dahulu. Jika kotoran tidak dibersihkan maka dapat menimbulkan sumbatan sehingga warna api tidak biru serta suhu panasnya pun tak maksimal. Hal ini menjadikan memasak akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan lebih banyak elpiji yang terpakai.

Gunakan Selang Gas dan Regulator Berkualitas

Cara menghemat elpiji berikutnya adalah menggunakan selang gas berkualitas baik. Hal ini dipengaruhi tekanan gas ke segala arah dengan kekuatan 500 mpi. Apabila kemampuan berada di bawah kriteria tersebut maka komponen akan mudah kendur, serta berpengaruh pada aliran gas yakni semakin boros.

Selain itu penting untuk memilih regulator otomatis berstandar sebab lebih aman dan menguntungkan. Regulator jenis ini dapat mendeteksi kebocoran gas dengan sensitivitas yang baik. Tentu saja hal tersebut akan semakin memaksimalkan nyala kompor dan mencegah resiko berbahaya.

Gunakan Pengait Regulator

Memasang pengait regulator merupakan salah satu cara menghemat elpiji. Sebab alat ini berfungsi membantu memberi tekanan terhadap aliran gas pada katup regulator, sehingga dapat menghindari kebocoran serta memaksimalkan aliran bahan bakar sampai ke kuningan burner. Dengan demikian tentu akan menjadi bentuk penghematan sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Kompor Gas Tidak Menyala, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bahan pengait ini umumnya terbuat dari material besi atau plastik. Akan tetapi opsi pertama merupakan penyusun yang paling kuat direkomendasikan. Sedangkan bentuk alat ini cukup bervariasi namun memiliki fungsi sama, sehingga cukup disesuaikan dengan dimensi tabung gasnya.

Gunakan Alat Masak Berbahan Stainless Steel

Mungkin ini adalah masalah sepele, namun ternyata merupakan salah satu cara menghemat elpiji. Alat masak berbahan stainless steel tergolong material penghantar panas terbaik. Bahkan jika dibandingkan dengan logam dan enamel yang banyak dijual di pasaran dan lebih murah.

Panas yang dihantarkan akan lebih cepat merata dan membuat masakan matang dengan segera. Berbeda pada jenis bahan lain atau yang berada di bawah grade stainless steel.

Gunakan Alat Masak Sesuai Ukuran

Penghematan juga dapat dimulai dengan selalu memasak memakai alat masak sesuai ukuran. Ini tentu menyesuaikan porsi yang sedang diolah, sehingga tidak terlalu besar dan tak terlalu kecil. Adapun wajan atau panci jumbo sementara olahan hanya sedikit justru menjadi pemborosan.

Baca Juga: Begini Cara Bersihkan Dinding Rumah Pakai Cuka

Hal ini disebabkan api akan menghantarkan panas secara berlebih ke seluruh permukaan, sedangkan kebutuhannya tidak demikian.

Meskipun terlihat sepele namun cukup berpengaruh terlebih jika dilakukan secara rutin dan menjadi keseharian, cara menghemat elpiji ini dapat dirasakan pengaruhnya.

Itulah beberapa cara menghemat gas elpiji di rumah yang bisa segera Anda terapkan.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago