SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengelola pendapatan (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Sering ditulis bahwa salah satu ciri khas jutawan adalah mereka memiliki banyak aliran pendapatan. Ini sebagian besar benar, tentu saja.

Dalam presentasi budaya pop dari pernyataan ini, implikasinya adalah Anda juga bisa menjadi jutawan selama Anda memiliki aliran pendapatan kedua. Maaf, tapi tidak sesederhana itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apa yang dimaksud adalah bahwa pola pikir seorang jutawan bukanlah 'Apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan uang?' melainkan 'Bagaimana saya dapat menggunakan uang secara inovatif untuk menambah pendapatan."

Lebih lanjut, dengan mendiversifikasi aliran pendapatan, seseorang dapat memperoleh keuntungan dari pengaturan pajak yang menguntungkan daripada menghadapi tagihan Pajak Penghasilan yang terus meningkat, dan risiko keuangan tersebut dikurangi. Seperti dilansir Entrepreneur, dan dikutip Bisnis.com,  aliran pendapatan bisa dibuat dengan berbagai cara.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca JugaAyo Jajal Peluang Bisnis Rendang Kemasan!

Banyak wirausahawan dapat bekerja sama dengan yang lain, dan beberapa lainnya menggunakan teknologi untuk mendapatkan aliran pendapatan pasif.

1. Diversifikasi adalah kuncinya

Pastikan harta Anda tidak semuanya berada dalam keranjang yang sama. Aturan dasar ini berlaku baik ketika Anda berinvestasi di pasar saham, menjadi pengusaha, atau bahkan pada penjualan produk skala paling dasar.

Cara ini meminimalisir risiko keuangan Anda dengan menyebar aset di berbagai aliran dan meningkatkan stabilitas keuangan dan umur panjang Anda jika salah satu aliran tersebut ternyata gagal.

2. Memulai penghasilan sampingan

Bisnis online dapat dengan mudah dikembangkan selama periode waktu ini, dan banyak ide dapat diterapkan dengan modal terbatas, bahkan tanpa biaya awal atau pengeluaran tambahan yang berkelanjutan. Layanan yang diberikan secara online adalah opsi yang paling jelas dan aman dari Covid-19. Bisnis sampingan ini dapat bervariasi dari dropshipping atau memulai lebih kecil dengan situs freelance untuk pekerjaan kecil.

Bangun Hubungan Bisnis

Baca Juga: Peluang Bisnis Burger Terbuka Dengan Rp6,5 Juta

3. Memanfaatkan jaringan Anda

Membangun hubungan bisnis membutuhkan waktu dan kepercayaan. Mulailah dengan orang-orang yang Anda kenal dalam jaringan Anda. Orang-orang ini lebih mungkin mencoba Anda karena mereka mengenal Anda secara pribadi. Di zaman sekarang ini, media sosial sedang booming.

Sekarang lebih mudah untuk menjangkau orang-orang di media sosial, terutama Instagram. Menghabiskan waktu berjejaring di media sosial adalah kunci untuk menumbuhkan pengenalan merek Anda dan mendapatkan pelanggan.

4. Kelola utang Anda

Memulai bisnis Anda sendiri membutuhkan banyak modal yang dapat dipenuhi dalam bentuk utang atau Ekuitas. Seorang pengusaha akan menabung sebagian dari modalnya untuk diinvestasikan dalam bisnis, tetapi itu mungkin tidak cukup.

Berbeda dengan gaji, seorang wirausahawan tidak memiliki arus kas bulanan yang teratur dan pasti akan mengalami naik turunnya arus kas mereka. Selama waktu ini, penting untuk mengelola uang Anda secara efektif dan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, sambil mengembangkan bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya