SOLOPOS.COM - Para pekerja yang memiliki gaji di bawah Rp3,5 juta per bulannya akan mendapatkan bantuan tunai senilai Rp600.000. (Ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah direncanakan segera memberikan bantuan subsidi upah (BSU) sebesar Rp600.000 kepada pekerja yang memenuhi kriteria.

Lantas, bagaimana cara mengecek pekerja berhak menerima BSU 2022 atau bukan?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melalui hasil rapat bersama Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Menteri Sosial Tri Risma Harini, didapatkan bahwa Presiden Jokowi akan memberikan bantuan subsidi upah (BSU).

Bantuan tersebut yakni sebesar Rp600.000 kepada pekerja sebagai bentuk pengalihan subsidi harga bahan bakar minyak (BBM). Diketahui bahwa Jokowi akan memberikan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat dengan menggunakan Rp24,17 triliun dari anggaran subsidi BBM.

Baca Juga: Subsidi Upah Pekerja dengan Gaji Maksimal Rp3,5 Juta, Pemkot Solo Tunggu Aturan

Pemerintah akan memberikan BSU kepada sejumlah pekerja yang memenuhi dan kriteria pekerja yakni gaji maksimal Rp3,5 juta per bulannya. Penerimanya akan ditentukan berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan.

Melansir dari Bisnis.com, Rabu (31/8/2022), terlebih dahulu Anda cek apakah Anda termasuk ke dalam salah satu penerima BSU tersebut. Berikut langkah mudah yang dapat Anda ikuti untuk mengeceknya:

1. Kunjungi laman kemnaker.go.id.
2. Daftar akun jika kamu belum memiliki akun.
3. Lengkapi data diri, seperti NIK, nama lengkap, dan nama ibu kandung. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone kamu.
4. Login akun yang telah kamu buat.
5. Lengkapi profil biodata diri berupa foto profil, status pernikahan, dan tipe lokasi dan sebagainya.
6. Cek pemberitahuan.
7. Jika kamu terdaftar sebagai calon penerima, maka kamu akan mendapat centang hijau notifikasi sebagai calon penerima BSU.
8. Namun jika tidak, akan keluar notifikasi tidak terdaftar.

Baca Juga: Pekerja Gaji di Bawah Rp3,5 Juta akan Dapat Bantuan Rp600.000 Dibayar Satu Kali

Sebagai informasi, jika Anda merasa layak mendapatkan BSU tetapi tak terdaftar, Anda bisa menelepon nomor 175 atau WhatsApp ke nomor +6281380070175 dan menyampaikan keluhan disana.

Itulah ulasan bagaimana cara mengecek penerima bantuan subsidi upah (BSU) Rp600.000 tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya