SOLOPOS.COM - Ilustrasi kompor gas. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Kompor adalah komponen penting dan akan menjadi kendala jika rusak, salah satunya problem api kecil. Cara memperbaiki kompor gas dengan api kecil sebenarnya cukup mudah.

Namun, lebih baik mengetahui dulu penyebab kompor gas dengan masalah api kecil. Dikutip dari laman milik salah satu produsen kompor, Rinnai.co.id, Rabu (27/7/2022), ada lima penyebab kompor gas apinya lemah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kelima penyebab itu antara lain ada kotoran yang menyumbat di bagian corong api, tungku kompor tertutup kerak, ada masalah pada katup gas, selang tersumbat kotoran, pemantik api kotor.

Berikut lima cara memperbaiki kompor gas dengan masalah api kecil:

1. Bersihkan Corong Api

Anda sebaiknya sering membersihkan kerak pada corong api kompor agar tidak terjadi lagi sumbatan. Kerak bisa dibersihkan menggunakan baking soda dan lemon atau jeruk nipis agar terangkat dengan mudah.

Baca Juga: Pakai Gas Melon, Restoran di Ngargoyoso & Tawangmangu Keciduk Tim Migas

2. Bersihkan Tungku Kompor

Tungku kompor merupakan salah satu komponen penting yang harus dijaga kebersihannya karena menjadi pusat di mana api pada kompor bisa menyala. Tungku kompor yang kotor dan tertutup kerak juga dapat menyebabkan api menjadi kecil.

3. Bersihkan Katup Gas

Cara berikutnya untuk memperbaiki kompor gas api kecil adalah dengan membersihkan katup gas. Katup gas adalah komponen penting pada kompor yang menghubungkan antara tabung gas dengan kompor. Untuk urusan ini, sebaiknya Anda menyerahkan para orang yang sudah profesional karena bisa menyebabkan kebakaran jika terjadi kesalahan sedikit pun.

Baca Juga: Bikin Hemat Tanpa Elpiji, Ini Biaya Bikin Biogas di Boyolali

4. Bersihkan Selang

Selang yang kotor akan menyebabkan aliran gas dari tabung ke tungku akan terhambat. Pembersihan selang ini juga sebaiknya diserahkan kepada orang yang sudah profesional di bidang perbaikan kompor gas.

5. Bersihkan Pemantik Api

Membersihkan pemantik api pada kompor gas bisa dengan cara mengelap atau mencuci kompor. Dengan cara memperbaiki di setiap bagian dengan membersihkan, maka penyakit kompor gas api kecil kemungkinan besar akan sembuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya