SOLOPOS.COM - Ilustrasi CPU (itcc.itpln.ac.id)

Solopos.com, SOLO-Di pasaran saat ini banyak dijual central processing unit (CPU) yang menawarkan spesifikasi gaming. Namun sebelum kamu membelinya, perhatikan beberapa tips yang penting untuk kamu ketahui. Sehingga kamu tidak akan menyesal saat kamu sudah memilih nantinya.

Prosesor tersedia dengan berbagai spesifikasi dan fitur yang dapat memengaruhi performa gaming. Di sini ada beberapa hal untuk akan membantu kamu mempersempit daftar kandidat sehingga kamu dapat menemukan CPU gaming yang sempurna untuk kamu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maksimalkan PC desktop gaming atau laptop gaming kamu, penting untuk memastikan CPU kamu siap untuk tantangan ini.

Meskipun CPU tahan lama dan mampu bertahan bertahun-tahun bila dirawat dengan benar, teknologi PC terus berevolusi. CPU game baru memanfaatkan kecepatan clock yang lebih cepat, ukuran cache yang lebih besar, dan jumlah thread lebih tinggi, memungkinkan peningkatan performa bila dipasangkan dengan perangkat keras modern.

Gaming adalah salah satu bidang yang mendapat manfaat dari evolusi ini. CPU secara substansial memengaruhi berbagai aspek game terbaru, termasuk:

  • Kecepatan frame
  • Streaming
  • Unsur gameplay yang dapat diskalakan, termasuk jarak gambar, Animasi kerumunan, dan fisika destruksi

Pada akhirnya, menemukan prosesor gaming terbaik untuk PC kamu tergantung pada pengalaman gaming seperti yang kamu harapkan, dan bagaimana sistem kamu akan digunakan.

Berikut langkah-langkah untuk memilih sistem tersebut seperti dikutipdari Intel Indonesia, Jumat (3/2/2023).

  • Mencari tahu yang kamu perlukan dari CPU

Sebelum kamu dapat menentukan CPU, pertimbangkan di mana kamu ingin menggunakan PC. Apakah kamu mencari portabilitas, atau apakah kamu suka pengalaman desktop? (Untuk membantu memutuskan, pelajari lebih lanjut tentang laptop gaming dan desktop gaming).

Berikutnya, pertimbangkan bagaimana rencana kamu menggunakan sistem baru kamu. Untuk kepentingan dari artikel ini, kami akan berasumsi kamu menggunakan PC untuk gaming, tetapi tugas-tugas seperti streaming, pengeditan video, atau aplikasi profesional juga dapat memengaruhi pilihan perangkat keras kamu.

Ingatlah hal-hal yang perlu dipertimbangkan tersebut saat kita membahas beberapa istilah seperti jumlah inti dan kecepatan inti yang penting untuk diketahui saat membandingkan CPU.

  • Pelajari cara kerja CPU

Setelah kamu mengetahui jenis sistem yang akan kamu gunakan untuk bermain, langkah selanjutnya adalah untuk mempersiapkan diri kamu dengan pengetahuan dasar tentang bagaimana prosesor memengaruhi performa sistem kamu. Mengetahui bagaimana kecepatan clock dan jumlah inti memengaruhi pengalaman gaming akan membantu memastikan bahwa kamu membeli CPU yang dapat melakukan semua yang Kamu inginkan.

Jumlah Inti CPU

CPU game modern memiliki banyak core. Masing-masing core tersebut bertindak seperti prosesor tambahan, yang memungkinkan CPU untuk memproses banyak instruksi secara bersamaan.

Banyak game PC yang memanfaatkan banyaknya core, namun jumlah core yang lebih banyak menjadi semakin penting saat menjalankan tugas yang menyita CPU di luar game, seperti video encoding atau penggunaan program yang rumit untuk kreasi konten tingkat tinggi.

Jika Kamu menggunakan CPU untuk lebih dari sekedar game,  misalnya streaming permainan game sambil bermain game,  core tambahan dapat membuat perbedaan. CPU dengan jumlah core yang lebih tinggi mampu menangani beban kerja yang membuat CPU core tunggal harus berjuang, bahkan bila CPU itu memiliki kecepatan clock yang sangat tinggi sekalipun.

Kecepatan Clock CPU

Kecepatan clock CPU (juga disebut kecepatan clock atau frekuensi) adalah jumlah siklus yang dapat dijalankan CPU setiap detik. Ini adalah hal dasar tetapi menjadi pertimbangan penting saat memilih CPU. CPU modern menjalankan miliaran siklus per detik, jadi kecepatan clock diukur dalam gigahertz (GHz). Kamu dapat membaca lebih lanjut tentang kecepatan clock dan siklus CPU di sini dan mempelajari bagaimana metrik ini dapat memengaruhi pengalaman bermain game Kamu.

Secara umum, semakin tinggi kecepatan clock per core, semakin baik. Ketika memilih CPU baru, cari kecepatan clock tertinggi yang sesuai dengan anggaran Kamu, dan pastikan Kamu memiliki inti/thread yang dibutuhkan untuk beban kerja Kamu.

  • Pertimbangkan fitur CPU tambahan

Selain ukuran-ukuran sederhana seperti kecepatan clock dan jumlah core, ada sejumlah fitur lain yang patut dipertimbangkan saat memilih CPU baru.

Grafik Terintegrasi

Kebanyakan CPU Intel® menggunakan grafis terintegrasi, yang berarti CPU dapat menampilkan gambar pada layar tanpa GPU terpisah. Grafis terintegrasi dapat bermanfaat, khususnya saat memecahkan potensi masalah yang melibatkan GPU terpisah.

Grafis terintegrasi juga dapat membantu jika Kamu bekerja dengan pengeditan atau video streaming. Sebagai contoh, Intel® Quick Sync video adalah fitur yang dimasukkan ke dalam CPU modern Intel® yang dengan cepat melakukan encoding dan decoding file video, membebaskan potensi sumber daya sistem yang bisa digunakan di tempat lain.

Satu-satunya CPU Intel® yang tidak memiliki grafis terintigrasi adalah CPU dengan panandaan F, seperti prosesor Intel® Core™ i7-13700KF. CPU tersebut dirancang untuk pengguna yang tahu mereka akan menggunakan GPU terpisah untuk sistem mereka.

Fitur khusus laptop



Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa laptop dapat memiliki performa layaknya desktop saat bermain game. Bahkan jika kamu memprioritaskan performa di atas yang lain, laptop modern dibuat untuk menangani beban kerja gaming yang menuntut.

Saat memilih laptop gaming, cari CPU Intel® dengan penkamuan H seperti Intel® Core™ i7-10750H. Prosesor ini dirancang khusus untuk memprioritaskan konsumsi daya dan masa pakai baterai untuk PC yang portabel.

Overclocking

Faktor lain untuk dipertimbangkan saat memilih CPU adalah apakah kamu ingin melakukan overclok atau tidak.

Overclocking juga dapat berguna meningkatkan kecepatan clock dan alat seperti Intel® Speed Optimizer memudahkan mencapai overclock yang stabil.

Jika gemar menyetel performa perangkat keras, carilah penkamuan “K” pada akhiran nama prosesor, seperti prosesor Intel® Core™ i7-13700K.

Hal ini menunjukkan bahwa CPU dirancang untuk dapat dioverclock. Dengan asumsi Kamu memiliki perangkat keras yang tepat, seperti solusi pendinginan yang layak dan motherboard yang mendukung overclocking, Kamu dapat menikmati kecepatan clock yang lebih tinggi dengan CPU yang tidak terkunci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya