SOLOPOS.COM - Aplikasi penghapus file duplikat di handphone. (Telset.id)

Solopos.com, JAKARTA — Memori internal atau microSD di smartphone tiba-tiba penuh, padahal tidak banyak data tersimpan. Bisa jadi ada file duplikat di handphone.

Dengan adanya file duplikat yang mungkin tak sengaja tersimpan, bisa membuat memori HP full. Biar memori lapang lagi, berikut cata menemukan dan menghapus file duplikat.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Dikutip Solopos.com dari Telset.id, yang pertama Anda harus install aplikasi penghapus file duplikat bernama Duplicate Files Fixer di Google Play Store.

Jika sudah terunduh, jalankan aplikasinya. Kemudian akan tampil halaman Get Started, tekan saja Let’s Go untuk masuk ke halaman utama.

Ekspedisi Mudik 2024

Selanjutnya, izinkan aplikasi ini untuk mengakses semua direktori yang ada pada media penyimpanan smartphone seperti audio, video, gambar dan dokumen.

Baca juga: HP Xiaomi Redmi 10 5G Dirilis Awal Agustus 2022, Cek Spesifikasi

Untuk mengizinkannya di smartphone Anda, tekan tombol Got It, dan tekan tombol Allow jika muncul popup konfirmasi.

Sekarang jika Anda hanya ingin mencari file duplikat pada format tertentu seperti audio, video, gambar atau dokumen, tekan saja opsi sesuai keinginan.

Namun jika ingin memindai semuanya, tekan Full Scan kemudian tekan Scan Now. Tunggu beberapa saat hingga file duplikat muncul semuanya di halaman Duplicate Files.

Baca juga: Cara Mengubah File Foto WebP ke Format JPG, Bisa Kamu Coba

Anda juga bisa melihat berbagai file tersebut secara keseluruhan atau sesuai formatnya. Untuk menghapus file duplikat tersebut, tekan saja tombol Delete Now kemudian tekan tombol Ok untuk konfirmasi.

Itu dia cara menghapus file duplikat di Android. Sehingga memori smartphone Android Anda kembali bersih dari file duplikat yang tak sengaja Anda simpan berkali-kali.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya