SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Status WhatsApp (Techpout.com)

Solopos.com, SOLO — Memantau status WhatsApp (WA) atau stalking status dari teman memang mengasyikan, apalagi jika bentuknya gambar atau video. Namun terkadang kita ingin tahu cara lihat status WA tanpa diketahui pemiliknya.

Sehingga pemilik status WhatsApp tersebut tidak tahu jika Anda sudah melihat statusnya. Hal ini bisa terjadi karena nama Anda tidak muncul di daftar siapa saja yang sudah melihat status WA tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cara ini pas banget buat Anda yang sedang memantau teman, saudara, atau pacar melalui status WA secara diam-diam tanpa sang pemilik status tahu.

Berikut cara lihat status WA tanpa diketahui pemiliknya yang dikutip Solopos.com dari Teknoride.com dan Arenaponsel.com.

Pengaturan di WhatsApp

Anda bisa memantau atau melihat status WA teman-teman di kontak ponsel tanpa pemiliknya tahu dengan menggunakan pengaturan di WhatsApp.

Baca juga: Cara Membuka Smartphone yang Terkunci Menggunakan Nomor Darurat

Cara lihat status WA tanpa diketahui pemiliknya, pertama buka WhatsApp, masuk ke pengaturan lalu pilih titik tiga di pojok kanan atas, kemudian pilih Account atau Akun.

Setelah masuk dalam menu Account, kemudian pilih Privacy atau Privasi. Saat berada dalam menu Privacy, kamu akan melihat banyak settingan dan hilangkan centang pada Read Receipts dengan menekannya satu kali.

Cara pertama ini memang mudah, namun ada kekurangannya yakni kamu juga mendapatkan efek yang sama jika mereka melihat foto atau video status kamu karena ini sifatnya dua arah.

Selain itu, centang biru dalam perpesanan juga tidak akan berfungsi kembali sehingga kamu bisa mempertimbangkan cara pertama ini sebelum mengaturnya.

Baca juga: WhatsApp Rilis Fitur Undo, Pulihkan Pesan yang Terhapus

Gunakan Mode Pesawat

Cara lihat status WA tanpa diketahui pemiliknya, adalah dengan melihat status WhatsApp teman kamu dengan melihat statusnya dalam mode pesawat.

Cara ini cukup simple karena kamu hanya perlu mematikan koneksi Internet sebelum membuka status teman dan melihatnya. Namun demikian cara ini hanya bisa kamu gunakan untuk melihat status yang berupa status teks.

Sedangkan jika status teman kamu berupa gambar, video atau musik, maka cara stalking status WA tanpa ketahuan ini tidak bisa kamu gunakan. Untuk mematikan koneksi Internet atau mengaktifkan mode pesawat caranya pasti sudah kamu ketahui bukan?

Melalui Folder Statuses di File Explorer

Cara ini mungkin memerlukan sedikit keberanian untuk mengutak-atik aplikasi File Explorer di ponsel kamu. Tenang saja, caranya cukup mudah dan tidak akan merusak ponsel kamu jika dilakukan dengan benar.

Baca juga: Indonesia Peringkat 8 Dalam Statistik Pelanggaran Data Global

Perlu diketahui, cara lihat status WA tanpa diketahui pemiliknya ini karena setiap status yang diunggah kontak di WA akan tersimpan dalam sebuah folder khusus bernama statuses.

Folder ini akan otomatis dibuat setelah kamu menginstall aplikasi WhatsApp. Berikut cara melihat status WA melalui folder .statuses:

Silahkan buka File Explorer atau File Manager di Smartphone kamu. Kemudian buka penyimpanan internal dan cari folder bernama WhatsApp terus buka dan cari folder media.

Baca juga: Data Pengguna Indihome Bocor, Ini Langkah Kementerian Kominfo

Buka folder media, silahkan atur agar semua folder di dalam folder media ini bisa terlihat. Caranya dengan mengaktikan mode show hidden files atau tampilkan file yang tersembunyi.



Maka setelah mengaktifkan mode show hidden files, semua folder dan file yang tersembunyi akan tampil. Selanjutnya cari folder bernama statuses.

Nah di dalam folder .statuses inilah semua status teman kamu di WA tersimpan. Demikian cara lihat status WA tanpa diketahui pemiliknya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya