SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Cara lengkap menggunakan MyPertamina. (Mypertamina.id)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah berencana mengatur pembelian bahan bakar minyak atau BBM dengan aplikasi MyPertamina di SPBU. Agar tidak bingung begini cara lengkap menggunakan MyPertamina.

Sebelum menggunakan MyPertamina, Anda wajib mengunduh aplikasi MyPertamina di Google Playstore atau App Store, kemudian instal aplikasi. Lalu buka aplikasi MyPertamina dan muncul laman setup dan klik ‘Lanjutkan’.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Pilih ‘mulai’ dan isi nomor telepon dan PIN 6 digit. Jika sudah klik ‘Daftar’. Di laman registrasi isi Nama Lengkap, Nomor Telepon, PIN 6 Digit dan ketik ulang PIN 6 digit dan klik ‘Daftar’.

MyPertamina akan mengirimkan kode SMS OTP ke nomor telepon yang sudah didaftarkan. Masukkan kode OTP lalu klik ‘Verifikasi’. Apabila verifikasi berhasil, tekan ‘Ok’ dan kamu akan otomatis akan login ke aplikasi MyPertamina.

Jika ada perintah izin perangkat untuk mengakses lokasi, mengambil gambar dan mengakses foto, media dan file maka pilih ‘Izinkan’.

Baca juga: Beda Rambu Berwarna Hijau dan Biru di Jalan Tol, Ternyata Ini Artinya

Cara lengkap menggunakan MyPertamina untuk membeli BBM, Anda harus menghubungkannya dengan akun LinkAja milik kamu sebagai metode pembayaran.

Dikutip dari Gadgetren.com dan MyPertamina.id, caranya pada halaman utama MyPertamina, tekan tombol Aktifkan di bagian LinkAja. Pada menu pop-up pilih Sudah, jika mempunyai akun.

Pada halaman Aktivasi LinkAja, kamu akan diperlihatkan nomor akun LinkAja dan diminta memasukkan PIN yang biasa digunakan untuk login LinkAja

Apabila PIN LinkAja sudah dimasukkan, tekan tombol Lanjutkan. Selanjutnya, masukan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke SMS.

Baca juga: Daftar MyPertamina Dulu, Sebelum Beli Pertalite Pakai Aplikasi

Lantas bagaimana menggunakannya. Ini cara lengkap menggunakan MyPertamina yang sudah terhubung LinkAja. Pertama buka aplikasi MyPertamina lalu pada halaman utama klik “BAYAR”.

SCAN QR CODE. Arahkan kamera handphone kamu pada mesin EDC SPBU Pertamina lalu scan QR code yang ditampilkan.

KONFIRMASI PEMBELIAN. Setelah harga dan jumlah liter yang muncul sudah sesuai, konfirmasi pembelian kamu dengan klik “BAYAR”.

MASUKKAN PIN LinkAja. Selamat! Pembayaran menggunakan aplikasi MyPertamina berhasil. Kumpulkan poinmu dan tukarkan ke berbagai voucher serta merchandise menarik di aplikasi MyPertamina.

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya