SOLOPOS.COM - Ilustrasi mudik. (Antara/Nyoman Hendra Wibowo)

Solopos.com, JAKARTA—Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyelenggarakan kegiatan mudik Lebaran gratis untuk sekitar 10.500 orang. Program mudik gratis tersebut rencananya digelar pada akhir April 2022.

Ditjen Perhubungan Darat kini tengah menyiapkan 350 bus untuk penumpang dan 34 truk untuk angkutan sepeda motor.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Kemenhub menyiapkan anggaran senilai Rp10 miliar untuk kegiatan mudik gratis 2022.

Baca Juga: Catat Lur! Ini Daerah di Jateng yang Diusulkan Mudik Gratis 

Bagaimana cara ikut mudik gratis tersebut?  Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan mekanisme pendaftaran mudik gratis tersebut dapat dilakukan secara daring (online).

Registrasi peserta mudik gratis akan dibagi di lima lokasi yaitu Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi dan Depok.

Adapun syarat perjalanan bagi calon pemudik yaitu berlaku aturan vaksinasi ke 1, ke 2 atau booster yang mengacu pada Surat Edaran (SE) No 41 Tahun 2022 tentang Pedoman Mudik Gratis TA 2022.

Baca Juga: 85 Juta Orang Diperkirakan Mudik Lebaran 2022

SE tersebut, kata Budi, nantinya mengatur tentang ketentuan protokol kesehatan (prokes) selama perjalanan, tidak diperkenankan mengobrol selama perjalanan, dan ada sejumlah imbauan terkait prokes.

“Serta memerintahkan Direktorat terkait untuk melakukan pengawasan pelaksanaannya dengan menempatkan petugas pemantau atau pengawas,” kata Budi kepada Antara di Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya