SOLOPOS.COM - Tangkapan layar notifikasi penghentian siaran langsung pada Instagram.

Solopos.com, SOLO – Fitur live atau siaran langsung pada Instagram banyak dipakai pengguna karena dinilai strategis dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Namun, jangan sampai follower ilang feeling karena siaran langsung anda terhenti gara-gara musik.

Penggunaan musik, walau sekadar terdengar remang sebagai background, bisa memantik Instagram menghentikan siaran langsung. Hal ini juga berlaku untuk siaran langsung yang ditayangkan di Facebook.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Instagram dan Facebook memberlakukan pembatasan penggunaan musik untuk melindungi hak cipta kreator, penulis lagu dan sebagainya. Platform media sosial tersebut telah mengaktifkan cara mendeteksi musik yang telah terdaftar.

Baca Juga: Instagram Wajibkan Konfirmasi Tanggal Ulang Tahun

Jika itu terjadi, akan muncul notifikasi seperti ini “Your live video will be removed soon if you continue to broadcast music you don’t have permission to use”.

Dikutip dari lama Instagram.com, penggunaan musik saat pemilik akun melakukan siaran langsung harus memperhatikan beberapa hal. Kebijakan itu mereka sebut untuk melindungi berbagai pihak, termasuk pemilik akun yang menggelar siaran langsung agar tak mendadak terputus.

Untuk itu, Instagram menyarankan penggunaan musik pada siaran langsung telah melalui persetujuan dengan pemilik musik. Pihak yang ingin menayangkan siaran langsung dengan penggunaan musik atau background musik bisa mengantisipasi hal tersebut dengan pengelola musik yang ingin dipakai.

Baca Juga: Cara Pakai WA Web dengan Praktis

Namun jika siaran langsung terlanjur terhenti gara-gara penggunaan musik tak berijin, Instagram juga menjamin akan memberikan tahap-tahap penyelesaiannya.

Di sisi lain, penggunaan musik juga bisa dilakukan dengan cara berbeda. Instagram telah meluncurkan akses penggunaan musik di 90 negara. Pengguna dapat memaksimalkan koleksi msik yang telah disediakan.

Baca Juga: IPB dan Udinus Kolab Bikin Robot Pemanen Melon

Penggunaan musik dalam pustaka tersebut tak perlu membutuhkan biaya. Pustaka yang dimaksud bisa diakses di Facebook’s Sound Collection. Sebagai informasi, terdapat berbagai genre musik yang bisa dipakai oleh pengguna. Mulai dari hip-hop, pop, jazz, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya