Cara Ganti Filter Oli, Ini Tips dari OtoKlix!

Disadur dari Aplikasi Bengkel Mobil, OtoKlix.Com, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk dapat mengganti filter oli secara benar.
SHARE
Cara Ganti Filter Oli, Ini Tips dari OtoKlix!
SOLOPOS.COM - ilustrasi (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Cara ganti filter oli mobil tidaklah sulit. Asalkan mengikuti petunjuk yang benar maka Anda bisa melakukannya dengan mudah. Mengganti filter oli merupakan salah satu perawatan kendaraan. Meski caranya sama saja, yang membedakan adalah posisi filter serta alat yang digunakannya.

Ukuran filter oli sendiri tersedia dalam ukuran kecil dan besar. Sesuai fungsinya, komponen ini untuk menyaring kotoran pada oli mesin. Sehingga harus dalam keadaan bersih dan rutin perawatannya.

PromosiTop! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Disadur dari Aplikasi Bengkel Mobil, OtoKlix.Com, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk dapat mengganti filter oli secara benar. Perlu diingat, penggantian filter ini perlu Anda lakukan jika kendaraan sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km. Kalau tidak, sesuai dengan keadaan filter itu sendiri. Jika sudah tak layak maka sebaiknya segera ganti ke bengkel mobil.

Baca Juga: Pengumuman! Tiket Moto GP Bisa Dibeli di Gelaran IIMS 2022

Dongkrak Mobil dengan Posisi Lebih Tinggi

Untuk melakukan penggantian sebaiknya kendaraan dalam posisi tinggi. Naikkan dengan menggunakan dongkrak dan pastikan posisinya dekat dengan letak filter oli.

Dengan posisi yang tepat maka mengganti filter dapat dilakukan dengan mudah. Anda gunakan Mechanic Creeper ataupun kardus bekas sebagai alas saat Anda berada di kolong mobil.

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan saat proses penggantian filter oli tersebut. Melakukan penggantian sendiri memang lebih hemat biaya. Sehingga Anda perlu siapkan alat yang lengkap seperti wadah untuk menampung oli bekas, filter oli yang baru, kain perca hingga kunci khusus filter oli.

Membersihkan Kotoran atau Kerak yang Menempel

Banyak orang yang tidak memperhatikan kebersihan filter oli. Sedangkan mereka fokus pada penggantian saja. Padahal kebersihan oli adalah hal yang penting dilakukan. Bersihkan kotoran yang menempel di sekitar filter oli sebelum Anda membukanya.

Fungsinya adalah mencegah kotoran masuk ke saluran oli mesin. Terlebih untuk mencegah adanya kebocoran dari filter oli yang baru. Perlu diingat cara ganti filter oli mobil dengan membersihkan kotoran di sekeliling filter oli adalah minimal sebulan sekali.

Baca Juga: Ketika Keunggulan Hyundai Creta Dijajal Awak Media

Membuka Filter Oli Lama

Bukalah filter oli lama dengan menggunakan kunci khusus. Biasanya terletak dibagian depan, belakang, dan samping mesin mobil. Hal yang membedakan adalah jenis serta model merek mobil yang Anda gunakan. Sesuaikan saja dengan kendaraan yang Anda miliki.

Caranya dengan memutar filter oli secara berlawanan arah jarum jam. Selain itu jangan lupa menampung mengalirnya oli dengan wadah penampungan yang Anda siapkan sebelumnya. Bersihkan kembali secara bersih sempurna.

Memasang Filter Oli Baru

JIka semua sudah dipastikan bersih maka Anda dapat memasang filter baru. Saat pembelian pastikan filter sesuai baik bentuk, lubang, part number sesuai. Kemudian Anda lumasi area karet dari filter oli yang baru sehingga tidak melintir dan lebih mudah pemasangannya.

Cara ganti filter oli mobil yakni memasang dengan cara diputar ke arah jarum jam memakai kunci khusus dan pastikan filter tersebut kencang sehingga tidak bocor.

Mulai Hidupkan Mesin

Ketika Anda telah memastikan filter oli mobil terpasang dengan sempurna maka selanjutnya Anda coba keluar dari bawah kolong mobil. Kemudian Anda hidupkan mesin mobil. Pada tahap ini memiliki manfaat agar membuat oli mesin kembali bersirkulasi dengan filter yang baru.

Setelah itu Anda diamkan mesin mobil agar tetap menyala selama 3 hingga 5 menit dan cek kembali bagian bawah mobil. Pastikan apakah ada oli yang bocor atau rembes. Jika tidak maka semua terpasang dengan sempurna dan tidak ada masalah.

Baca Juga: Selain PPnBM Otomotif, Pemerintah Juga Tebar Insentif Sektor Properti

Kembalikan Posisi Mobil

Setelah semua tahap selesai, saatnya Anda menurunkan posisi mobil menjadi di bawah kembali.Turunkan dongkrak mobil dan proses penggantian filter oli mobil sudah selesai. Cara ganti filter oli mobil, Anda harus melakukan perawatan dan membersihkan filter oli agar performa mesin Anda tetap dalam kondisi baik.

Begitu juga dengan ketersediaan oli dan penggantiannya. Anda bisa melakukan penggantian filter oli saat Anda melakukan penggantian oli. Anda bisa melihat apakah filter tersebut masih layak dan tidak mengalami masalah. Sering-seringlah melakukan pengecekan sehingga performa mesin tetap terjaga.

Percayakan Filter Oli dan Layanan Penggantian di Bengkel Terbaik

Bagi Anda yang memiliki rutinitas pekerjaan yang padat dan tidak memiliki waktu luang dalam melakukan perawatan kendaraan, maka Anda bisa percayakan pada www.otoklix.com.

Bengkel mobil terbaik yang ada di berbagai lokasi di Indonesia. Pelayanan terbaik dengan berbagai fasilitas memungkinkan Anda melakukan perawatan kendaraan dengan baik dan mudah.

Anda bisa melakukan berbagai perawatan tidak hanya mengganti filter oli mobil saja namun perawatan lainnya juga lebih lengkap.

Di https://otoklix.com/ menawarkan berbagai layanan terbaik dan siap mewujudkan semua keinginan Anda. Cara ganti filter Oli mobil tersebut menjadi informasi terbaik dan memudahkan Anda dalam penanganan kendaraan secara tepat.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago