SOLOPOS.COM - Ilustrasi uang untuk BLT (Istimewa/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM). BLT BBM ini sebagai bentuh pengalihan dari subsidi BBM.

Jika Anda masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos) sebagai penerima bansos maka masuk dalam penerima BLT BBM.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maka anda bisa mendaftar sebagai penerima BLT BBM senilai Rp600.000 yang penyalurannya dilakukan selama empat bulan dengan rincian Rp150.000 per bulan. Penyaluran dilakukan September dan Desember.

“Kita berikan dalam dua tahap. Jadi per tahapnya Rp300 ribu. Kita berikan per September ini dan nanti pada awal Desember kita berikan [tahap] kedua,” ujar Menteri Sosial Rismaharini dari laman Sekretariat Kabinet.

Berikut cara daftar jadi penerima BLT BBM lewat handphone seperti dikutip dari Selular.id, yang melansir dari laman Kemensos.

Baca juga: Dugaan Kebocoran Data Kartu SIM, Kementerian Kominfo Gandeng BSSN

Tahapan cara daftar jadi penerima BLT BBM:
1. Download Aplikasi Cek Bansos di Play Store atau
2. Klik tombol menu “Daftar Usulan” pada halaman menu
3. Pilih tombol “Tambah Usulan”
4. Mengisi formulir data diri sesuai dengan data Kartu Keluarga.
5. Kemudian, pada menu “Pilih Jenis Bantuan Sosial” pilih jenis bantuan sosial (BPNT/PKH) 6. Jika NIK terdaftar di data DTKS, maka Anda harus mengunggah 2 foto, yaitu swafoto dengan KTP dan rumah tampak depan.

Pencairan BLT BBM ini akan Anda lakukan melalui tiga cara yaitu:
. Melalui Kantor Pos terdekat
. Melalui komunitas setempat (Kecamatan, Desa/ Kelurahan)
. Secara langsung ke rumah penerima manfaat, jika penerima manfaat termasuk pada disabilitas, lanjut usia, atau sakit.

Baca juga: 7.000 Warga Solo akan Terima Bansos, Pemkot Siapkan Rp4,2 Miliar

Proses Verifikasi Pendaftaran jadi Penerima BLT BBM:

Setiap Keluarga Penerima Manfaat atau KPM yang menerima bantuan ini akan dilakukan geo tagging rumah KPM guna menjaga validitas bantuan tepat sasaran.

Tahap verifikasi KPM dari BLT BBM ini melalui face recognition dan scan barcode cek pos digital yang terdapat pada SP KPM.

Selain itu, apabila penerima manfaat diwakili oleh keluarga, maka akan diinput Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang mewakili dan foto diri KPM atau yang mewakili.

Khusus untuk KPM difabel calon penerima BLT BBM, foto yang dilampirkan adalah foto seluruh badan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya