SOLOPOS.COM - Ilustrasi latihan presentasi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Ada sejumlah cara cepat untuk menguasai materi presentasi bagi siswa. Penguasaan bahan ini sangat penting agar kalian bisa tampil penuh rasa percaya diri. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Ketidaksiapan atau kurangnya penguasaan bahan bakal memengaruhi penampilanmu saat melakukan presentasi. Akibatnya kalian bisa membaca tulisan di Microsoft Power Point yang ditampilkan atau memasukkan semua materi ke dalam slide. Tentu hal ini akan membingungkan para audiens.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jika kalian mampu menguasai bahan, maka kegiatan ini akan berjalan dengan lancar bahkan kalian bisa menjawab pertanyaan dari teman sekelas tentang bahan tersebut. Kalian tidak terlihat canggung atau kebingungan saat menjawab pertanyaan atau menanggapi feedback dari audiens.

Baca Juga: Gaji Prilly Latuconsina sebagai Dosen Praktisi UGM

Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara cepat untuk menguasai materi presentasi bagi para siswa, seperti yang dikutip dari tokopresentasi.com, Rabu (28/9/2022):

1. Tumbuhkan Niat Dalam Diri Sendiri

Tips pertama adalah kalian harus menumbuhkan niat dalam diri sendiri untuk serius melakukan presentasi. Jika kalian tidak berniat, maka kalian juga akan kesulitan dalam memahami materi tersebut. Tentunya dalam presentasi banyak hambatan yang harus dilalui, salah satuny adalah niat untuk menguasai materi.

Cara menumbuhkan niat dalam diri sendiri adalah kalian bisa meluangkan waktu satu hari atau bahkan beberapa jam saja untuk lalu fokus berlatih presentasi. Hal ini bertujuan agar kalian tidak terburu-buru dan tidak terpaksa untuk menguasai materi, serta agar timbul rasa nyaman terhadap diri sendiri.

2. Membuat Outline Presentasi Menggunakan Mind Map

Cara berikutnya menguasai materi presentasi adalah membuat outline presentasi kalian dengan menggunakan mind map. Outline merupakan garis besar dari suatu materi, jadi kalian bisa menggaris bawahi kalimat penting apa saja atau poin-poin penting yang diperlukan untuk presentasi. Hal ini merupakan salah satu cara yang efektif dan efisien untuk menguasai materi presentasi dalam waktu singkat.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah

Langkah selanjutnya adalah membuat mind map, yang berarti pengelompokan ide dalam ke dalam bentuk tulisan dan gambar. Hal ini akan memudahkan kalian dalam membuat outline materi presentasi. Karena pada dsarnya, otak manusia lebih mudah mengingat sesuatu secara visual dibandingkan hanya dengan teks saja.

3. Lebih Fokus Mempelajari Materi Presentasi

Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk lebih fokus untuk memahami bahan presentasi. Bacalah materi presentasi kalian dengan teliti dan seksama lalu tandai kalimat yang tidak dipahami. Kemudian cari tahu kalimat yang tidak dipahami tadi dari berbagai sumber di internet atau buku dan lakukan secara santai jangan tergesa-gesa.

Lebih baik lagi selama kalian mempelajari materi presentasi, matikan smartphone kalian untuk menghindari bermain media sosial atau hal yang membuat kalian tidak fokus. Jika lelah, kalian bisa beristirahat sebentar seperti makan camilan, minum, atau meregangkan badan. Hal ini akan membuat kalian dapat fokus kembali untuk membaca materi presentasi.

4. Berlatih Presentasi di Depan Cermin

Jika kalian sudah berhasil memahami materi presentasi, kalian bisa langsung mempraktekkan di depan cermin sebagai latihan. Tenstu saja memahami materi tidaklah cukup ketika presentasi kepada banyak audiens, oleh karena itu kalian perlu menguasai materi presentasi.

Baca Juga: Begini Tips Bertanya pada Guru saat Pelajaran Berlangsung

Dengan menggunakan cermin sebagai media berlatih, kalian dapat melihat bagaimana gaya bicara, gerak tubuh, serta ekspresi ketika melakukan presentasi. Perhatikan baik-baik lalu evaluasi pada diri sendiri apa yang kurang dari presentasi kalian dan jangan lupa untuk tersenyum ketika presentasi.

Baca Juga: Begini Cara Tampil Percaya Diri saat Presentasi di Kelas

5. Merekam Hasil Latihan Presentasi

Cara yang terakhir adalah dengan merekam diri sendiri ketika sedang berlatih untuk presentasi. Carilah tempat yang sepi dengan pencahayaan cukup, lalu lakukan presentasi di depan cermin dan rekamlah. Tujuan dari merekam hasil latihan presentasi ini adalah untuk mengevaluasi diri, bagian mana saja yang perlu diperbaiki atau bagian mana yang harus ditambah dalam presentasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya