SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung modal bisnis. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Di era digital saat ini, cara membangun bisnis yang sukses tidak lepas dari peranan internet, digital marketing melalui media sosial, hingga membuka toko virtual di marketplace.

Presiden Joko Widodo pun telah menyampaikan arahan terkait percepatan transformasi digital UMKM Indonesia. Target pemerintah mengharuskan 30 juta UMKM telah memiliki peran dan ruang dalam ekosistem digital pada tahun 2024.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Maka dari itu, strategi untuk mempercepat digitalisasi bagi para pelaku UMKM harus terus digalakan agar UMKM tidak hanya sekadar berdagang secara online, tapi juga mampu naik kelas di mana jangkauan pasar dan nilai transaksinya juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Sebagai salah satu ekosistem wirausaha terbesar di Indonesia, Diplomat Success Challenge (DSC) juga kerap menjadi advokat bagi percepatan transformasi digital UMKM dan startup Tanah Air.

Ekspedisi Mudik 2024

Program Initiator DSC, Edric Chandra, mengungkapkan Iklim bisnis secara global dan nasional terus mengalami perkembangan dari hari ke hari.

“Diplomat Success Challenge sebagai sebuah ekosistem wirausaha terus catch-up dan kami menyoroti kebutuhan transformasi digital bagi bisnis, terutama bagi UMKM dan startup, sebagai hal yang cukup penting. Sejak dimulainya masa roadshow DSC 2022, kami tidak henti mengedukasi hal tersebut kepada calon peserta.” ujarnya.

Berikut beberapa alasan pentingnya transformasi digital bagi UMKM agar bisnis semakin sukses dan cepat naik kelas:

1. Operasi Bisnis Lebih Efektif & Efisien

Dari sisi pemasaran melalui media online, pemasaran akan lebih efektif karena perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas, serta akan lebih efisien dalam hal waktu operasional dan biaya yang dikeluarkan.

Baca Juga: Modal Video Youtube Bisa Dapet Rp2 Miliar, Buruan Daftar Sebelum Ditutup!

Dari sisi pengembangan bisnis, saat beralih ke digital, perusahaan akan dapat memanfaatkan banyak data yang bisa dianalisis untuk pengembangan strategi pemasaran hingga peningkatan SDM perusahaan ke depannya.

2. Meningkatkan Keterlibatan pelanggan

Dengan adanya bonus demografi yang terjadi di Indonesia, talenta digital dari generasi muda terus meningkat, sehingga sangat penting bagi bisnis untuk menyesuaikan produk, layanan maupun pemasarannya agar mudah diakses dan berinteraksi dengan basis konsumen muda saat ini.

3. Lebih Adaptif & Inovatif menghadapi perubahan

Di era yang bergerak serba cepat dengan teknologi, perubahan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Jika bisnis tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan teknologi, maka perusahaan akan tertinggal dan kehilangan daya saingnya.

Baca Juga: Kisah Bisnis Sukses Tanpa Modal, Ajaib!

Hal ini sudah terbukti pada beberapa perusahaan teknologi besar yang kehilangan pasarnya lantaran tidak bisa berinovasi mengembangkan kapabilitas teknologinya.

Bertransformasi Bersama DSC 2022

Tantangan terbesar bagi UMKM untuk segera bertransformasi secara digital sering terhambat dari sisi sumber daya dan kapabilitas. Padahal, saat ini banyak tersedia teknologi dengan harga terjangkau, bahkan gratis.

Misalnya menggunakan media sosial atau marketplace yang populer di tengah masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini juga semakin memanjakan pengguna dengan user experience yang kian mudah, sehingga tidak ada alasan untuk tidak bertransformasi secara digital sesegera mungkin.

Pendampingan bisnis yang cermat serta berada di jaringan wirausaha yang tepat juga akan membantu UMKM dan startup lebih cepat bertransformasi secara digital. Diplomat Success Challenge 2022 (DSC 2022) menawarkan pendampingan dengan business coach dan jaringan wirausaha Diplomat Entrepreneur Network (DEN) yang siap menjadi rumah bagi ide-ide bisnis potensial yang juga siap bertransformasi.

Baca Juga: Ini Hlo Karakter Pengusaha yang Dicari Diplomat Success Challenge 2022

Modal usaha dengan total senilai 2 miliar rupiah juga siap dihibahkan bagi ide-ide bisnis terbaik di DSC 2022.

Daftarkan ide bisnismu di situs diplomatsukses.com, submit proposal dengan mudah melalui format yang telah disediakan. Nantikan update tentang DSC 2022 di akun Instagram @diplomatsukses, halaman Facebook Wismilak Diplomat, akun Twitter @diplomat_sukses, dan laman www.diplomatsukses.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya