SOLOPOS.COM - Jokowi di car free day Solo pada 2013 lalu (JIBI/Dok/Solopos)

Jokowi

JAKARTA—PDI Perjuangan bakal mengusung calon muda, apakah Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini menjadi Gubernur DKI Jakarta?

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri  tak mencalonkan diri dalam pemilihan presiden 2014. “Ibu berkeinginan kaderisasi dan regenerasi,” jelas Ketua DPP PDIP Puan Maharani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (28/5/2013).

Megawati, kata Puan, tidak terlalu berharap untuk maju kembli sebagai capres.

“Kalau ada tokoh muda potensial, kenapa tidak? Pastinya akan menjadi salah satu pertimbangan,” kata Puan.

Namun, secara resmi, PDIP belum memutuskan hal itu.

“Hasil rakernas yang lalu, kami sudah menyerahkan keputusan pada Ketum Megawati, Alhamdulillah di beberapa tempat kami meraih simpati rakyat. Di situ sudah terlihat, kami memang bisa menunjukkan eksistensi. Di Jawa Tengah kami mempunyai hasil yang lebih baik,” jelas ketua fraksi PDIP DPR tersebut.

Hasil survei Center for Strategic and International Studies (CSIS) menempatkan Gubernur DKI Jakarta Joko “Jokowi” Widodo di peringkat pertama sebagai tokoh calon presiden (capres) alternatif.

“Pada dasarnya (hasil) ini bukan soal ‘fenomena Jokowi’ semata, melainkan masyarakat Indonesia benar-benar mengharapkan calon pemimpin alternatif, yaitu Jokowi atau calon alternatif lain,” kata peneliti CSIS Philip Jurius Vermonte di Jakarta, Minggu (26/5).

Pengamat politik sekaligus peneliti senior CSIS Joseph Kristiadi mengatakan kemunculan Jokowi bertepatan dengan momentum pencarian tokoh capres alternatif, terlepas dari opini bahwa mantan walikota Solo itu baru menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Lebih dari separuh responden (53,9 persen) menyatakan setuju jika Jokowi maju sebagai kandidat capres meskipun masih menjabat sebagai Gubernur.

“Kesulitan Jokowi untuk mendapatkan dukungan partai masih dipersoalkan, tetapi kalau tingkat elektabilitasnya mencapai 50 persen pasti dia akan diperebutkan oleh partai-partai,” kata Kristiadi.

Dalam berbagai survei, nama Ketua Umum DPP PDIP ini tetap menjadi favorit. Megawati berada di posisi tertinggi di survei beriringan dengan Prabowo Subianto dari Partai Gerindra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya