Capaian Vaksinasi Pelajar di Madiun 90%, Seluruh Sekolah Gelar PTM

Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun menyebut seluruh sekolah telah menggelar pembelajaran tatap muka menyusul capaian vaksinasi pelajar yang berada di angka 90%.
Capaian Vaksinasi Pelajar di Madiun 90%, Seluruh Sekolah Gelar PTM
SOLOPOS.COM - Siswa menerima suntikan vaksin Covid-19 saat vaksinasi untuk seribuan pelajar Sekolah Dasar yang diselenggarakan di di SDN 2 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Kamis (16/9/2021). (Solopos/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Siswa sekolah yang berusia 12 tahun sampai 18 tahun di Kabupaten Madiun yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 telah mencapai 90% untuk penyuntikan dosis pertama. Sedangkan penyuntikan vaksin dosis kedua baru sekitar 10%.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, Siti Zubaidah, mengatakan untuk penyuntikan vaksinasi dosis kedua saat ini masih 10%. Hal ini karena menunggu ketersediaan vaksin dari pemerintah.

“Kalau untuk siswa yang berusia 12 tahun sampai 19 tahun sudah mencapai 90%. Sedangkan untuk guru dan tenaga kependidikan sudah mencapai 94%,” jelas Zubaidah, Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Muncul Klaster Pernikahan, Satgas Covid-19 Madiun Kecolongan?

Dia menuturkan untuk siswa yang belum disuntik vaksin Covid-19 diarahkan mengikuti vaksinasi di desa atau kecamatan masing-masing. Jumlah siswa usia 12-18 tahun dari jenjang SD sampai SMA sekitar 50.000 anak.

Mengenai sekolah yang telah menjalankan pembelajaran tatap muka (PTM), kata dia, seluruh satuan pendidikan dari jenjang TK sampai SMA di Madiun telah memberlakukan PTM. Sebelum diperbolehkan menggelar PTM, sekolah tersebut harus memastikan sarana prasarana mendukung untuk menerapkan sesuai protokol kesehatan.

“Kami melakukan visitasi di sekolah yang akan menggelar PTM. Kami akan memastikan sarprasnya, habitualisasi anak, dan edukasi prokes sudah diterapkan,” jelasnya.

Zubaidah meminta kepada seluruh siswa dan guru supaya patuh terhadap protokol kesehatan selama di sekolah. Hal ini penting supaya tidak ada penularan Covid-19 di sekolah.

Baca juga: Skrining Pembelajaran Tatap Muka, 2 Pegawai Sekolah di Kota Madiun Terpapar Covid-19

Sejauh ini, lanjutnya, belum ditemukan klaster sekolah selama PTM diberlakukan di Kabupaten Madiun. “Kami sering menyampaikan kepada teman-teman di sekolah supaya konsisten terhadap protokol kesehatan. Sejauh ini memang tidak ditemukan klaster sekolah,” kata dia.


Berita Terkait
    Promo & Events
    Honda Motor Jateng
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago