SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, SRAGEN — Capaian vaksinasi Covid-19 wilayah Desa/Kecamatan Jenar, Sragen, dinilai sangat rendah dibanding desa lain di Bumi Sukowati. Dari 3.000 jiwa penduduk desa tersebut, baru 23 orang yang ikut vaksinasi.

Itu pun 13 orang di antaranya baru mendapat suntikan dosis pertama. Atas dasar itu, Kapolres dan Dandim berencana melakukan akselerasi vaksinasi di Desa Jenar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi didampingi Dandim 0725/Sragen Letkol (Inf) Anggoro Heri Pratikno menjelaskan fakta itu diketahui dari pemeriksaan kasus baliho kontroversial Kepala Desa (Kades) Jenar, Samto.

Baca Juga: 10 ABG Jadi Tersangka Kasus Konvoi Pesilat Saat PPKM Darurat Di Sragen

“Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi atas kasus Kades Jenar ternyata vaksinasi Desa Jenar ini tertinggal. Saya dan Dandim akan melapor ke Bupati tentang hal ini agar dilakukan akselerasi,” ujar Kapolres kepada wartawan di Mapolres Sragen, Minggu (18/7/2021).

Kapolres Sragen mengatakan baru 23 warga Desa Jenar yang ikut vaksinasi Covid-19 dari total 3.000 penduduk. Hal itu merupakan pencapaian yang luar biasa rendah. “Akselerasi vaksinasi di Desa Jenar akan didukung kadesnya agar bisa lancar,” jelas Kapolres.

Selain itu, Kapolres juga menerima laporan adanya kasus warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Bahkan ada dua warga yang meninggal.

Baca Juga: Tak Diproses Hukum, Kades Jenar Minta Maaf dan Ajak Warga Taati Prokes

Sinergi Pemkab, TNI, dan Polri

Sementara itu, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengaku belum menerima laporan capaian hasil vaksinasi Covid-19 warga Desa Jenar. Ia mengatakan yang mengetahui persis data vaksinasi adalah Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen.

“Kalau Polres mau vaksinasi ke Jenar ya alhamdulillah. Berarti Polres mau bawa vaksin ke sana. Ini berarti sinergi dengan Pemkab. TNI dan Polri juga mendapatkan vaksin dari pemerintah pusat,” katanya.

Sementara itu, DKK Sragen melakukan vaksinasi sebanyak 2.287 orang pada Sabtu (17/7/2021) lalu. Total capaian vaksinasi di Sragen sebanyak 126.103 orang yang terdiri atas 76.511 orang untuk dosis pertama dan 49.592 untuk dosis kedua.

Baca Juga: Kades Jenar Sragen Berulah Lagi, Tak Terima 3 Warganya Dinyatakan Meninggal Karena Covid-19

Sebagaimana diinformasikan, Kades Jenar, Sragen, Samto, membuat heboh publik dengan memasang baliho berisi makian kepada pejabat terkait penanganan Covid-19.

Belakangan diketahui, Samto tidak percaya dengan Covid-19 dan kerap menentang kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya