SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksin Covid-19. (JIBI/Bisnis/Himawan L Nugraha)

Solopos.com, SUKOHARJO — Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap dua untuk anak usia 6-11 tahun di Baki, Sukoharjo, telah menyasar sekitar 5.066 anak atau setara dengan 79,9% dari target.

Hal itu disampaikan Bidan Desa Puskesmas Baki, Sukoharjo, Anita Fitrianingrum, 35, saat ditemui Solopos.com di sela-sela vaksinasi anak di Baki, Rabu (16/3/2022). “Sasaran anak yang harus divaksin di Baki ada sekitar 6.338 anak untuk keseluruhannya,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anita menambahkan anak-anak dan orang tua cukup antusias dengan pelaksanaan vaksinasi tersebut, tetapi dirinya tidak menampik adanya penolakan seperti yang pernah ditemukannya.

Baca juga: Kisah Pangeran Wiroguno Jadi Asal Usul Nama Desa Wirogunan Sukoharjo

“Hanya ada satu dari sekian ribu, memang tidak mau mengikuti vaksinasi dan sudah menyatakan dengan surat. Sisanya semua antusias dan berjalan lancar,” jelas Anita.

Dia mengisahkan awal-awal dulu pihaknya harus berkeliling ke sekolah-sekolah di Kecamatan Baki untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Namun kerja keras tersebut terbayar dengan capaian angka vaksinasi anak sebesar 90,4% atau sejumlah 5.728 anak yang telah mendapatkan vaksin dosis pertama.

Vaksinasi Setiap Hari

Lebih lanjut, Anita mengaku selama pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, pihaknya selalu melakukan sinergi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) agar kegiatan berjalan lancar. Menurutnya, sejauh ini belum ditemukan kasus KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang parah.

“Pernah ada satu kasus, tapi ternyata itu bukan KIPI, anaknya terjangkit DBD [Demam Berdarah Dengue],” katanya.

Baca juga: Jelang Puasa akan Digelar Sadranan Ageng Keraton Kartasura Sukoharjo

Meski capaian vaksinasi melebihi setengah dari target, Anita mengaku saat ini masih melaksanakan vaksinasi setiap hari. Harapannya agar cakupan vaksinasi dapat segera mencapai angka 100%.

“Saat ini setiap hari masih ada vaksinasi dari hari Senin-Sabtu, untuk hari Senin-Rabu dilaksanakan di Balai Desa Gentan, kalau untuk Kamis-Sabtu dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Baki,” jelasnya.

Anita juga memberikan pesan kepada orang tua agar membawa anaknya yang belum divaksin untuk segera mengikuti vaksinasi. Menurutnya, vaksinasi penting untuk meminimalisasi gejala dan efek samping dari Covid-19.

Baca juga: 1 Remaja Terjerat Kabel Saat 4 Pekerja Kesetrum di Sukoharjo, Kok Bisa?

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu,  Rabu, menyampaikan capaian vaksinasi anak memang sudah mencapai angka di atas 70% untuk wilayah di Sukoharjo.

“Capaian vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun dosis pertama 89,09% dengan total kumulatif vaksin sekitar 71.670 anak, sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua sekitar 79,58% dengan kumulatif vaksin 64.018 anak,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya