SOLOPOS.COM - Kegiatan vaksinasi Covid-19 di SDN Kalikutuk di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, pada Kamis (30/12/2021). (Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo)

Solopos.com, KULONPROGO — Capaian vaksinasi Covid-19 anak usia enam sampai dengan 11 tahun di Kulonprogo mencapai 23.459 atau sekitar 66,42 persen. Dinkes setempat menargetkan semua sekolah di wilayah bumi binangun sudah dilaksanakan vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Sri Budi Utami, mengatakan capaian vaksinasi Covid-19 pada Rabu (30/12/2021) mencapai 3.038 siswa. Jumlah sekolah dasar yang sudah melewati vaksinasi Covid-19 jumlahnya mencapai 316 dari total 368 sekolah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sedangkan, taman kanak-kanak (TK) atau RA yang sudah dilaksanakan vaksinasi Covid-19 sebanyak 238 dari 356 sekolah. Sedangkan, SLB yang sudah dilaksanakan vaksinasi anak sebanyak lima sekolah dari total enam sekolah,” kata Sri Budi pada Kamis (30/12/2021).

Baca juga: Dosis Pertama Vaksinasi Anak Ditarget Selesai Januari 2022

Sementara itu, upaya pemantauan kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) kepada siswa yang telah melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 turut menjadi perhatian dari Dinkes Kulonprogo. Pemantauan KIPI dilakukan melalui Puskesmas di masing-masing wilayah.

Dinas Kesehatan Kulonprogo sendiri menargetkan jika semua sekolah yang ada di wilayah bumi binangun bisa divaksin Covid-19 pada akhir tahun 2021.

“Yang kita targetkan 100 persen selesai di 31 Desember 2021 adalah sekolahnya belum sampai anaknya. Kalau jumlah sekolah dilakukan vaksinasi insyaa allah tercapai 100 persen karena semua sekolah sudah kita jadwalkan. Kalau dari sisi jumlah anak belum tercapai, mungkin baru 80 persen. Sisanya nanti akan kita selesaikan di Januari 2022,” terang Sri Budi.

Baca juga: Pengumuman! Alun-Alun Wates Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di sejumlah sekolah SD terus digenjot oleh Dinas Kesehatan setempat. Salah satunya adalah dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 di SDN Kalikutuk di kalurahan Tuksono, kapanewon Sentolo, Kulonprogo, pada Kamis (30/12/2021).

Siswa yang mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 di sekolah juga terpantau mengikuti setiap tahapan vaksinasi Covid-19 secara disiplin. Orang tua ikut menemani anaknya saat mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Puskesmas Sentolo dan BIN Kulonprogo.

“Adanya vaksinasi Covid-19 di sekolah kami sangat membantu untuk menciptakan herd immunity ya. Jika siswa dan tenaga kependidikan serta guru sudah divaksin Covid-19 harapannya kegiat pembelajaran tatap muka juga bisa dilaksanakan secara maksimal,” ungkap Karsiyem.

Koordinator Vaksinasi Covid-19 BIN Kulonprogo, Wuri Atmaja, mengatakan upaya untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di sekolah sesuai dengan perintah dari pemerintah pusat untuk menciptakan herd immunity di wilayah Kulonprogo, termasuk anak usia enam sampai dengan 11 tahun.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya