SOLOPOS.COM - Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Dalam rangka pengembangan sektor pengajaran dan pembelajaran, Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW menggandeng sebuah perusahaan augmented and virtual reality atau AVR, EON- Reality.

Perusahaan yang berbasis di Irvine, Silicon Valley, California, Amerika Serikat ini beroperasi di sekitar 15 negara dan sedang memasuki beberapa negara lainnya, termasuk Indonesia. AVR merupakan teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan maya dan juga efek yang ditimbulkannya dengan menggunakan perangkat tertentu.

Dengan kerja sama ini, proses pembelajaran di UKSW ke depan akan mengadopsi teknologi pembelajaran berbasis extended atau cross reality (XR), khususnya berbasis platform teknologi AVR. Saat ini UKSW tengah menjalani tahap pertama kerja sama, yaitu berupa transfer pengetahuan. Ada lebih dari dua puluh dosen yang mengikuti pelatihan tahap pertama ini yang akan diikuti dengan pelatihan lainnya.

Baca Juga: Tiga Pembicara Berbagi Dunia Kehumasan untuk Mahasiswa UKSW

Rektor UKSW Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D., dalam pernyataan yang diberikan ketika wawancara online Senin (12/7/2021) sore menyatakan kerja sama dengan EON- Reality merupakan hal yang sangat relevan saat ini. Pertama, UKSW menghadirkan teknologi yang akan mendominasi masa depan ke dalam sistem pembelajarannya di saat ini.

Kedua, adopsi teknologi ini sangat relevan dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum juga selesai. Pembelajaran daring bagaimana pun belum bisa memberikan hasil yang memuaskan, terutama pada mata kuliah yang membutuhkan praktikum di laboratorium.

Meskipun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah mengizinkan praktikum secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat sejak semester I 2020/2021, kegiatan praktikum bagaimanapun terganggu di era pandemi ini, apalagi sejak melonjaknya kasus penyebaran Covid secara nasional dan juga Salatiga belakangan ini.

Baca Juga: Prodi Magister Akuntansi UKSW Raih Akreditasi Unggul, Top!

“Di masa pandemi ini kita sulit memastikan apa yang akan terjadi ke depan. Namun, kalau UKSW berhasil dalam adopsi dan pengembangan teknologi pembelajaran AVR ini, metode dan kualitas pembelajaran akan diperkaya. Dalam projeksi perkembangan teknologi ke masa depan, teknologi XR ini akan makin dominan penggunaannya di berbagai bidang kehidupan, termasuk di dunia pendidikan. Jadi, UKSW is welcoming this future technology. The future is already here. Teknologi AVR ini akan dipakai UKSW dalam pembelajaran di semua bidang. Karena itulah kami masuk dalam skema kerja sama strategis dengan EON-Reality untuk durasi 5 tahun dengan total nilai projek lebih dari 25 juta dolar AS ini, termasuk melibatkan skema hibah untuk post-pandemic academic recovery yang akan diupayakan oleh kedua pihak,” terang Neil Rupidara.

Mulai Semester II

“Proses pengembangan teknologi ini akan dilakukan secara bertahap di UKSW. Kita sudah selesaikan dahulu pelatihan tahap pertama, baik untuk teknisi maupun untuk champion teachers. Lalu akan dilanjutkan dengan pelatihan untuk para pengguna, salah satunya mahasiswa. Pada tahap awal ini dosen-dosen yang dilibatkan adalah mereka antusias dan mudah mengadopsi teknologi baru. Makanya mereka disebut champion teachers. Kita berharap pada pembelajaran semester II di tahun 2021/2022 teknologi ini sudah mulai digunakan. Namun tidak menutup kemungkinan, jika sudah siap di semester I ini, kita sudah bisa praktikkan pada satu atau dua modul terlebih dahulu,” imbuhnya.

Kerja sama dengan EON – Reality, disampaikan Neil Rupidara, merupakan sebuah kerja sama strategis. Kerja sama ini UKSW lakukan dengan sebuah perusahaan pemimpin pasar global yang berkantor pusat di Silicon Valley, AS.

Baca Juga: Peduli Rekan Sebaya, Mahasiswa UKSW Terpilih Jadi Duta GenRe

“Sangat strategis, baik secara spesifik dalam hal adopsi dan pengembangan teknologi AVR di dunia pendidikan tinggi maupun untuk pengembangan kampus secara menyeluruh ke depan. Oleh karena itu, UKSW menempatkan relasi kerja sama ini sebagai aset penting yang akan dijadikan sebagai basis untuk kerja sama-kerja sama penting lainnya ke depan. Dipilihnya UKSW oleh EON menunjukkan bahwa kampus ini dipercaya oleh pihak industri, bahkan oleh sebuah perusahaan kelas dunia,” katanya.

Dikatakannya, ini merupakan sebuah kesempatan langka dan sangat penting bagi UKSW.

Rekomendasi
Berita Lainnya