top ear
Candra Wibowo, owner Janjaya Group (Istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Candra Wibowo, owner Janjaya Group (Istimewa)

Candra Wibowo: Kuliner Bisnis Yang Menjanjikan

CEO Janjaya Group Candra Wibowo berbagi tips bisnis kuliner.
Diterbitkan Sabtu, 5/10/2019 - 09:00 WIB
oleh Solopos.com/Shoqib Angriawan
2 menit baca

Solopos.com, SOLO -- Makanan dan minuman adalah sumber kehidupan bagi manusia. Wajar jika usaha kuliner enggak pernah ada matinya. Ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin membuka usaha. Nah menurut CEO Janjaya Group, Candra Wibowo, ada bermacam hal yang perlu dispersiapkan sebelum Anda membuka usaha kuliner.

  1. Tentukan Segmen

Sebelum membuka usaha kuliner, alangkah baiknya jika Anda menentukan terlebih dahulu segmen pelanggan yang ingin dituju. Segmen ini akan mempermudah Anda untuk menentukan jenis makanan dan minuman yang ingin dijual. Salah satu yang bisa menjadi peluang adalah kalangan anak muda dan mahasiswa.

Janjaya Group
Sajian lele goreng Warung Mas Manteb (Istimewa-Janjaya Group)

Tentukan Jenis Makanan

Ada bermacam bisnis kuliner yang bisa Anda mulai dengan modal yang relatif kecil. Mulai dari usaha makanan berat seperti warung makan yang menjual berbagai makanan yang mengenyangkan sampai usaha makanan ringan, seperti keripik atau kue. Salah satu makanan yang umum dijual adalah makanan yang tidak lekang oleh waktu.

Seperti yang ditawarkan di Warung Mas Manteb yang memiliki cabang di Pabelan UMS Surakarta dan Kentingan UNS Solo. Warung tersebut menawarkan makanan yang simpel dan tradisional seperti ayam geprek, penyetan, pecel jamur hingga mi ayam dan bakso.

Janjaya Group
Mi Ayam Warung Mas Manteb (Istimewa-Janjaya Group)
  1. Tentukan Lokasi & Promosi

Lokasi yang strategis dan ramai menjadikan warung anda lebih mudah untuk diakses. Namun pada zaman yang serba digital, lokasi yang terpencil pun akan diburu oleh pelanggan jika makanan yang dijual benar-benar menarik dan istimewa. Hal ini tak lepas dari peran media sosial, blogger, hingga media massa yang membuat orang semakin mencintai makanan.

Janjaya Group
Ayam goreng Warung Mas Manteb (Istimewa-Janjaya Group)
  1. Inovasi

Dalam bisnis kuliner, persaingan amatlah ketat. Jika tidak ada inovasi, usaha kuliner tidak akan dilirik oleh pelanggan. Inilah pentingnya inovasi dalam bisnis kuliner. Jika tidak mampu menjadi yang pertama, maka Anda bisa menjadi yang terbaik atau pun berbeda dengan yang lainnya.

Bagi Anda yang tertarik memulai bisnis kuliner atau ingin tahu seluk beluk tentang bisnis kuliner, bisa menghubungi:

Whatsapp 081393799567

Kunjungi Instagram @kulinersolo_miesomasmanteb

Instagram @janjayagroup

Editor : Profile Rini Yustiningsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terkini