Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Candi Cetho Pernah Dipugar Secara Serampangan

Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, yang kali pertama digali pada 1928 oleh Commissie vor Oudheiddienst Hindia Belanda, pernah dipugar secara serampangan hanya berdasar ”wangsit”.
SHARE
Candi Cetho Pernah Dipugar Secara Serampangan
SOLOPOS.COM - Objek wisata Candi Cetho, Jenawi, Karanganyar kembali dibuka, Sabtu (9/10/2021) setelah tutup sejak Juli akibat pandemi Covid-19. (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, Solo – Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah, yang kali pertama digali pada 1928 oleh Commissie vor Oudheiddienst Hindia Belanda dipugar pada 1970-an berdasar ”wangsit” yang diterima seorang paranormal atau dukun. Pemugaran itu dinilai tak sesuai kaidah arkeologi.

Pemugaran sepihak oleh Sudjono Humardani, asisten pribadi Presiden Soeharto, mengubah jumlah susunan asli candi, walaupun punden berundak tetap dipertahankan. Pemugaran ini dikritik oleh para pakar arkeologi. Pemugaran situs purbakala tidak dapat dilakukan tanpa studi yang mendalam. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Wangsit Dukun, Pemugaran Candi Cetho 1970an Dinilai Tak Sesuai.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Pembongkaran selter pedagang kaki lima ( PKL ) Manahan, Kota Solo, Jawa Tengah yang dimulai Minggu (15/5/2022) membuat deretan pohon cemara udang yang melingkari Stadion Manahan terlihat jelas.

Umur pohon cemara udang itu sebagian jauh lebih tua daripada Stadion Manahan. Pohon-pohon cemara tersebut diduga ditanam sejak kawasan itu menjadi tempat latihan berburu keluarga Mangkunegaran. Pada 1921, area tersebut menjadi arena pacuan kuda. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Cemara Manahan, Lebih Tua dari Stadion Manahan.

Langkah Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengirimkan manusia ke bulan lagi semakin dekat. Rencana terbaru NASA mendaratkan lagi astronaut ke bulan lewat program Artemis berhasil menguji roket pada misi tersebut.

NASA bekerja sama dengan Departemen Energi Amerika Serikat (DOE) telah memilih tiga proposal dari tiga perusahaan untuk merancang konsep dan desain sistem bertenaga nuklir yang akan diluncurkan pada akhir dekade ini untuk demonstrasi di bulan. Ulasan lengkap bisa dibaca di Selangkah Lagi Manusia Kembali Menjejak Bulan.

Di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah, yang menjadi hulu Bengawan Solo, terdapat sejumlah desa bandar kuno, tempat pemberhentian kapal-kapal besar pada masa lalu. Sejak masa Kerajaan Majapahit, aliran Bengawan Solo telah berfungi sebagai sarana transportasi dan perdagangan.

Lokasinya yang strategis, berada di persimpangan berbagai pegunungan dan lembah, serta terdapat beberapa dermaga yang difungsikan sebagai persinggahan kapal pengangkut barang dan penumpang menjadikan sungai ini cukup ramai pada masa lalu. Ulasan lengkap tersaji di  Teka-teki Desa Bandar Kuno Wonogiri di Hulu Bengawan Solo.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode