SOLOPOS.COM - Pengunjung beraktivitas di Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar, Sabtu (9/10/2021). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Candi Cetho yang berada di Kabupaten Karanganyar kini sedang direhab karena adanya kerusakan di sejumlah bagian. Tapi bagi Anda yang ingin berkunjung, kawasan candi tersebut tetap dibuka untuk wisatawan.

Hanya, wisatawan tidak boleh memasuki area-area yang dibatasi untuk kepentingan rehab tersebut. “Candi Cetho masih dibuka untuk umum, namun ada area khusus yang tidak boleh dilewati pengunjung, yakni area yang sedang diperbaiki,” ujar pegawai Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Eko Arifianto, Selasa (30/8/2022).

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Untuk diketahui, objek wisata yang dikelola BPCB Jawa Tengah dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar ini sebelumnya ditutup akibat pandemi Covid-19 dan dibuka kembali 9 Oktober 2021.

Sebelumnya diberitakan, bangunan Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar direhab menyusul adanya kerusakan yang terjadi pada benda bersejarah tersebut. Rehab ini berlangsung sejak Juni hingga November mendatang.

Baca Juga: Candi Cetho Alami Kerusakan di Sejumlah Bagian

Perbaikan dilakukan pada candi utama, meliputi keseluruhannya, mulai dari selasar, tubuh candi, pagar langkan, hingga gapuranya.

Pelaksana lapangan pada proyek rehab tersebut, Eko Arifianto mengatakan bangunan yang berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi tersebut sebelumnya memang mengalami kerusakan sehingga perlu diperbaiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya