SOLOPOS.COM - Video Camat di Kabupaten Cilacap dapat inventaris pesawat pribadi (Instagram/@beritamedsos)

Solopos.com, BANYUMAS — Menjadi pejabat publik merupakan hal yang normal jika mendapatkan sebuah fasilitas untuk mempermudah kinerjanya. Namun di Kabupaten Cilacap, fasilitas yang diterima oleh seorang pejabat publik, seperti Camat, rupanya tidak tanggung-tanggung, yaitu berupa pesawat pribadi.

Berdasarkan pantauan Solopos.com di laman Instagram @beritamedsos, Sabtu (26/6/2021), terdapat unggahan berupa video yang menunjukkan para Camat di Kabupaten Cilacap mendapatkan pesawat jet. Lokasi pengambilan video itu  berada di Bandara Tunggul Wulung Cilacap.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam video tersebut tampak para Camat mengenakan masker dan berbicara dengan altar pesawat yang merupakan sarana pelatihan dirgantara milik Perkasa Flying School. Salah satu Camat dalam video tersebut mengatakan bahwa masing-masing Camat mendapatkan satu inventaris pesawat.

Baca Juga : PT KAI Yakin KA Baturraden Ekspres Dongkrak Wisata Banyumas

Alhamdulillah, untuk camat di Cilacap mendapatkan satu inventaris pesawat, satu-satu. Ini adalah upaya meningkatkan koordinasi dan transportasi bagi para camat dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan,” ujar suara seorang camat dalam video tersebut,

Dalam video juga ada beberapa Camat, yang juga sedang berfoto di depan pesawat-pesawat itu. Sumber suara juga menyebutkan satu persatu camat di Cilacap, seperti;  Camat Adipala, Camat Jeruklegi, Camat Cimanggu, Camat Majenang, Camat Cilacap Tengah, Camat Patimuan, dan Camat Kampung Laut.

Video ini sempat menghebohkan netizen lantaran fasilitas yang diterima untuk pejabat publik yang hanya sekelas Camat bisa mengalahkan pejabat publik yang lebih tinggi. Namun rupanya di bagian akhir video  membuat para netizen terkecoh karena ternyata adegan penyerahan pesawat pribadi kepada Camat itu adalah sebatas mimpi semata.

Baca Juga : Cara Unik Antar Daging Kurban dengan Ojol di Banyumas

Dalam waktu sehari sejak diunggah di Instagram, video berdurasi 2 menit dan 23 detik itu berhasil meraup lebih dari 7000 penonton di Instagram dan mendapat beragam reaksi dari netizen, di antaranya:

@alamsyah.rsy2017 “Hahaha yg jd pilot nya wakil Camat dan yg maentance nya staff camat, leading dan take off nya di ktr Camat pas dah”

@dmie_salino “OMG….gila bngt ..level CAMAT??????…tdk salah kah…bnyk yaa..dananya…yg pnting gaya..tdk apa2 tdk kerja..”

@munawaroh2052 “???? q pikir tenanan weleh edan jebul ngimpi” (aku mikir beneran ternyata hanya mimpi)

@teddymuntuan “Kalo kasih berita yg jelas….emang maintenance pesawat nya murah ? Belum lagi gajih pilot dan mekanik nya.”

Baca Juga : Nasi Pecel Kecombrang Khas Banyumas, Kuliner Sehat Favorit Pejabat

Melansir Liputan6.com, video para Camat di Kabupaten Cilacap ini pernah diunggah akun Facebook Santuy Santun namun durasinya tidak lengkap, hanya 1 menit 58 detik sehingga bagian anti klimaks di akhir video ditayangkan sehingga banyak netizen yang terkecoh.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, mengatakan bahwa video itu hanya candaan para Camat karena pada kenyataannya tidak ada anggaran untuk pengadaan inventaris berupa pesawat pribadi untuk masing-masing Camat. Apalagi anggaran daerah juga dalam kondisi refocusing untuk penanganan pandemi Covid-19.

Sementara itu, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto justru mengklarifikasi bahwa video yang tayang sebelumnya itu kurang lengkap karena di akhir video  ada adegan anti klimaks yang menjelaskan bahwa inventaris pesawat pribadi itu hanyalah mimpi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya