SOLOPOS.COM - Warga membuka situs demo PPDB online, Selasa (16/6/2020). Situs demo itu untuk persiapan PPDB SMP negeri yang direncanakan tanpa tatap muka atau sepenuhnya online. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten membuka situs untuk uji coba penerimaan peserta didik baru atau PPDB SMP negeri 2020/2021 secara online. Pembukaan website berlabel situs demo itu dilakukan untuk persiapan PPDB online yang digelar pada awal Juli mendatang.

Situs demo PPDB online itu beralamat https://klaten.demo.siap-ppdb.com. Alur pendaftaran, pagu, serta informasi pendaftaran lainnya sudah tersaji di situs demo tersebut. Namun, dalam situs demo itu belum ditampilkan zonasi di masing-masing sekolah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kabid Pembinaan SMP Disdik Klaten, Lasa, mengatakan situs demo PPDB online itu sudah dibuka sejak Jumat (12/6/2020) lalu.

PSK di Lokalisasi Nglangon Sragen Disasar Rapid Test Covid-19

“Betul [ada website PPDB uji coba]. Namun datanya masih mentah, hanya untuk latihan. Nanti mendekati 1 Juli kami ganti data yang sesungguhnya termasuk website diganti dan kata demo hilang,” kata Lasa saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (16/6/2020).

Belum lengkapnya data yang dimasukkan dalam website uji coba PPDB online itu termasuk data zonasi di masing-masing sekolah.

“Untuk zonasi belum dimasukkan karena Jumat baru turun SK bupati [terkait zonasi PPDB SMP]. Data sudah kami kirim ke Telkom untuk dimasukkan dalam aplikasi demo [PPDB online],” jelas Lasa.

Gandeng Telkom

Lasa menjelaskan calon siswa atau orang tua di Klaten bisa memanfaatkan situs demo PPDB online itu untuk latihan. Setidaknya situs demo tersebut bisa memudahkan proses pendaftaran PPDB yang direncanakan digelar pada 1-4 Juli mendatang.

PPDB Online SMA/SMK Negeri Jateng Eror, Ini Penyebabnya

Seperti diberitakan sebelumnya, PPDB di 65 SMP negeri dengan kuota siswa baru sebanyak 14.432 orang bakal dilakukan tanpa tatap muka atau sepenuhnya secara online. Hal itu dilakukan untuk mencegah kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Seluruh tahapan dilakukan secara online mulai dari pendaftaran hingga daftar ulang. Orang tua atau calon siswa bisa mendaftar dari rumah mereka masing-masing memanfaatkan akses internet.

Kepala Disdik Klaten, Wardani Sugiyanto, mengatakan website PPDB online yang dibuka Disdik masih bersifat uji coba. Wardani mengakui sudah banyak yang menanyakan soal pembukaan website PPDB tersebut.

“Website itu diluncurkan masih sebatas uji coba. Untuk website sebenarnya nanti menjelang PPDB online digelar. Untuk menggelar PPDB online ini, kami kerja sama dengan PT Telkom,” kata Wardani.

Juara Liga Jerman, Bayern Munchen Menatap Treble Winner

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya