SOLOPOS.COM - Keta Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin diwawancara wartawan seusai bertemu dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di Loji Gandrung Solo, Rabu (24/3/2021) sore. (Solopos/Kurniawan)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyatakan siap maju Pilpres 2024. Desakan agar dirinya maju sebagai capres di Pilpres 2024 datang dari berbagai pihak, salah satunya Garda Bangsa Aceh.

Cak Imin alias Gus Aim yang datang ke Kilometer Nol, Sabang, Aceh, Rabu (27/10/2021), menyatakan siapapun kader PKB akan siap jika ditunjuk sebagai capres.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tentu saja tidak ada satupun kader PKB yang tidak siap untuk Indonesia. Apapun akan kita berikan untuk Indonesia,” kata Muhaimin dalam keterangannya, Kamis (28/10/2021), seperti dilansir Suara.com.

Baca juga: Airlangga dan Cak Imin Jalan Pagi, Diplomasi Politik Menuju 2024?

Ekspedisi Mudik 2024

Cak Imin menyatakan ada tiga hal penting yang harus dilakukan PKB sebelum menentukan capres di Pilpres 2024.  Pertama, PKB harus berkomunikasi dengan parpol-parpol kain karena PKB tidak bisa mengusung calon sendiri akibat adanya syarat presidential threshlold (PT) 20 persen.

“Kedua, kita harus minta restu rakyat langsung apakah rakyat punya dorongan yang kuat, elektabilitas, kita harus memperhatikan itu,” tuturnya.

Kemudian, poin penting ketiga, kata dia, masih ada cukup waktu untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Jadi kepada teman-teman yang semangat 45, bukan hanya semangat yang penting bisa enggak meyakinkan rakyat? Kalau semua yang semangat itu bergerak dan meyakinkan rakyat, oke. Kalau parpol-parpol ada koalisi yang baik karena PKB butuh dua lagi parpol yang bisa mengusung capres,” tandasnya.

Baca juga: Seolah Kejar Puan, Baliho Cak Imin Mulai Bertebaran

Diberitakan sebelumnya, Cak Imin mulai terang-terangan menyatakan kesiapan maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Pilpres 2024 menjadi tantangan bagi dirinya sebagai capres. Namun dia tidak mau tergesa-gesa mengambil keputusan.

“Ya saya rasa itu sebagai tantangan, saya siap. Tapi harus bersabar dulu karena Pilpres masih lama. Kita tunggu perkembangan nanti seperti apa terkait peta politiknya,” kata Cak Imin kepada wartawan, seperti dikutip Suara.com, Senin (18/10/2021).

Sampai saat ini PKB masih menggalang kekuatan dengan parpol lain untuk berkoalisi. Sebab, PKB tidak mengusung calon sendiri di Pilpres 2024.

“Hingga saat ini, kepengurusan PKB di daerah-daerah masih solid. Dan jika nantinya maju maka untuk mencari figur Capres, PKB akan berkoordinasi dengan parpol lainnya untuk berkoalisi,” tuturnya.

Baca juga: Gerindra: Prabowo Subianto Maju Lagi di Pilpres 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya